Empat Anggota Pramuka Abdya Lulus Jambore Asia Fasifik


Foto: analisisnews.com/agus
LULUS SELEKSI: Empat anggota penegak Kwarcab Pramuka Abdya didampingi Ketua Harian Kwarcab Pramuka Drs Husaini Rahman MM foto bersama usai lulus seleksi Jambore Asia Fasifik yang dilaksanakan Kwarda Pramuka Aceh di Banda Aceh, Minggu (27/9/2020).

BLANGPIDIE-Empat anggota Pramuka tingkat penegak dari Kwatir Cabang (Kwarcab) Aceh Barat Daya (Abdya) lulus seleksi Jambore Asia Fasifik yang dilaksanakan Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka Provinsi Aceh sejak tanggal 25-27 September 2020 di Banda Aceh. Pasca melewati bergaia materi seleksi, empat putra putri terbaik asal Kabupaten Abdya itu, dinyatakan lulus dan berhasil mendapatkan tiket Jambore tingkat dunia yang akan berlangsung di Bangladesh, India pada tahun 2021 mendatang. 

Ketua Harian Kwarcab Pramuka Abdya, Drs Husaini Rahman MM kepada wartawan, Senin (28/9/2020) mengatakan, sebelumnya Jambore Asia Fasifik itu akan berlangsung di Sencheon, Korea Selatan pada Juli 2021 mendatang. Namun ada beberapa pertimbangan, lokasi jambore dialihkan ke India.

Disebutkan, dalam keikutsertaan seleksi Jambore Asia Fasifik tingkat provinsi, Kwarcab Pramuka Abdya mengirim enam peserta yang sebelumnya telah diseleksi sejak tanggal 10 September 2020 lalu di Blangpidie. Dari enam peserta yang dikirim ke provinsi itu, lulus empat peserta yakni dua putra dan dua putri. Mereka yang lulus masing-masing, Fazli Riski Ananda, M Dzaki Raihan, dan Fatimah Dhuwi Rahmatullah yang merupakan siswa MAN Blangpidie. Sedangkan, Claribel Sefira merupakan siswa SMAN Tunas Bangsa.  

Mereka akan diberangkatkan bersama 18 peserta dari Aceh lainnya untuk mengikuti Jambore ke India. Dimana, Kwarda Pramuka Aceh telah melakukan seleksi untuk 54 peserta dari kabupaten/kota se-Aceh dan lulus sebanyak 18 orang yang terdiri dari 9 putra dan 9 putri. Meski keberangkatan para peserta pramuka pada tahun 2021 mendatang, namun segala proses administrasi dan pendanaan akan dilakukan sejak sekarang. Kemungkinan, mereka akan dilepas oleh Gubernur Aceh.

“Selama mengikuti ajang jambore itu, tentunya mereka akan mengharumkan nama Abdya, Aceh dan Indonesia. Karena itu kami mohon doa dan dukungan dari seluruh masyarakat agar mereka mampu bersaing dengan baik,” ujarnya.

Menurutnya, keberhasilan ini tidak terlepas dari kerjasama semua pihak terutama tim pelatih dan doa restu masyarakat Abdya secara keseluruhan.  Untuk itu, harapan dari para Andalan Cabang Gerakan Pramuka Abdya kepada Pemerintah Kabupaten untuk lebih ditingkatkan anggaran dalam mendukung kegiatan pembinaan Pramuka sebagai investasi pembentukan karakter generasi dimasa mendatang.  Patut disyukuri, Abdya mendapat angka kelulusan seleksi sebanyak empat orang jika dibandingkan tahun sebelumnya hanya dua orang.

“Kami berharap mereka mampu mengukir prestasi dengan mempromosikan daerah dalam event tingkat dunia di India. Pesan kami kepada peserta untuk tetap menjaga kesehatan dan terus berlatih,” pungkasnya. (ag)