Terkait Covid-19, Kemenkes RI Kunjungi DPRA

Anggota Komisi V DPRA. dr. Purnama Setia Budi

BANDA ACEH – Kementerian Kesehatan Republik Indonesia akhirnya menurunkan tim khusus ke Aceh, guna mempelajari penyebab semakin beringasnya penularan Covid-19 di Serambi Mekkah. Mereka ikut berkunjung ke DPRA, menemui pimpinan DPRA dan Komisi V.

Pada pertemuan yang berlangsung di ruang kerja DPRA, Staf Khusus Menteri Kesehatan Bidang Peningkatan Pemberdayaan SDM Kesehatan Dr. Mariya Mubarika, Senin (28/9/2020) menanyakan sejumlah langkah DPRA dalam rangka mendukung upaya Pemerintah Aceh melaksanakan kegiatan penganggulangan Covid-19 di Aceh.

Mereka mendengar penjelasan Komisi V DPRA bila lembaga legislatif tersebut sejak awal pandemi sudah melakukan sejumlah hal.

“Mereka turun ke Aceh karena sebagai daerah paling ujung, dan awalnya paling sedikit kasus positif Covid-19, tiba-tiba membengkak sangat signifikan. Sebagai daerah yang tidak ramai dikunjungi oleh orang luar karena bukan daerah tujuan industri, Aceh justru semakin beringas diserang oleh virus tersebut? Ini ada apa? Pernyataan tersebutlah yang kemudian membuat Pemerintah Pusat termasuk Kemenkes RI menaruh perhatian khusus kepada Aceh,” kata anggota Komisi V DPRA.dr. Purnama Setia Budi.

Kepada Mariya Mubarika, Purnama mengatakan, pihak DPRA menjelaskan sejumlah kegiatan yang sudah mereka lakukan sebagai legislatif Aceh. Termasuk menerbitkan sejumlah rekomendasi sejak awal, jauh sebelum Covid-19 menyebar luas ke seluruh Aceh.Dia juga mengatakan, kepada Mariya pihaknya menjelaskan juga sejumlah tindakan-tindakan lainnya dari perwakilan rakyat, demi memperkuat Pemerintah Aceh. (*)