620 Siswa di Abdya Terima Beasiswa PIP


Foto: analisisnews.com/agus
BEASISWA PIP: Sejumlah siswa di Abdya mendapatkan beasiswa PIP usulan anggota DPR-RI Teuku Riefky Harsya melalui Kemendikbud RI tahun 2020 yang diserahkan secara simbolis oleh Tenaga Ahli Teuku Riefky Harsya, Aidil Mashendra, Kamis (1/10/2020).

BLANGPIDIE-Sebanyak 620 siswa di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) yang terdiri dari siswa tingkat SD, SMP dan SMA mendapatkan beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP). Beasiswa ini merupakan beasiswa PIP usulan anggota DPR-RI Teuku Riefky Harsya melalui Kemendikbud RI tahun 2020 di luar usulan sekolah atau dinas (Reguler) yang mengacu pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik) siswa.

Tenaga Ahli Teuku Riefky Harsya, Aidil Mashendra, Kamis (1/10/2020) kepada wartawan mengatakan, program beasiswa ini tujuannya untuk membantu anak-anak Aceh khususnya Abdya yang kurang mampu dalam mendapatkan haknya berupa sejumlah dana pendidikan, mulai dari jenjang SD, SMP, hingga SMA.

Selain itu, juga untuk membantu pemerintah kabupaten/kota yang kuota beasiswa PIP-nya sangat terbatas. Bantuan beasiswa ini dapat digunakan untuk keperluan sekolah oleh para siswa, sehingga segala kebutuhan sekolah yang selama ini belum cukup dapat dilengkapi. Ada pun nominal beasiswa yang diterima  bervariasi diantaranya untuk jenjang pendidikan SD sebesar Rp.450 ribu,SMP Rp.750 ribu, serta SMA/SMK masing-masing sebesar Rp1 juta. 

“Program beasiswa PIP ini merupakan usulan bapak Teuku Riefky Harsya. Beasiswa ini diusulkan setahun sekali, jika ingin dapat untuk tahun berikutnya maka harus diusulkan kembali, walaupun sebagian ada yang dapat secara otomatis setiap tahunnya,” ujarnya usai

melakukan sosialisasi tentang beasiswa PIP di SMPN Kecamatan Setia Abdya sekaligus penyerahan nomor rekening beasiswa yang dihadiri Ketua DPRK Abdya, Nurdianto, kepala sekolah setempat dan sejumlah orang tua siswa.

Sejauh ini, Teuku Riefky Harsya sangat berkomitmen dan selalu konsisten dalam membantu masyarakat dan siswa kurang mampu. Terbukti, hingga tahun keenam ini, ada 239.503 orang siswa di Aceh yang tersebar di 15 kabupaten/kota mendapatkan beasiswa PIP dimaksud. Dari jumlah 239.503 penerima beasiswa itu dirincikan, sebanyak 24.793 siswa menerima beasiswa pada tahun 2015, 30.151 siswa pada tahun 2016, 46.570 siswa pada tahun 2017, 62.856 siswa pada tahun 2018, 56.232 siswa pada tahun 2019, dan 18.901 siswa pada tahun 2020.

Beasiswa PIP Kemendikbud usulan Teuku Riefky Harsya tersebut dinilai sangat membantu masyarakat dan siswa. Apalagi saat ini, sedang dilanda pandemi Covid-19, sehingga dengan adanya beasiswa ini, bisa meringankan beban orang tua siswa. Kepada masyarakat yang belum mendapatkan beasiswa tersebut, bisa menyerahkan datanya ke Rumoh Aspirasi Teuku Riefky Harsya atau tim yang ada di 15 kabupaten/kota di Aceh.

“Jika ada masalah mengenai  beasiswa dimaksud, seperti saat pencairan atau ada hal lain yang belum jelas dapat ditanyakan langsung pada nomor kontak yang terdapat di belakang kartu yang diterima siswa penerima manfaat, atau dapat juga dilihat pada akun Youtube Rumoh Aspirasi TRH,” tuturnya. (ag)