Asisten Pemerintahan Setdakab Abdya Lantik Tiga Pj Keuchik


Foto:analisisnews.com/agus
DIKUKUHKAN: Tiga Pj Keuchik dikukuhkan di ruang Asisten Pemerintahan Setdakab Abdya setempat, Kamis (8/10/2020)
 

BLANGPIDIE-Asisten Pemerintahan Setdakab Aceh Barat Daya (Abdya), Amrizal S.Sos, Kamis (8/10/2020) secara resmi melantik tiga penjabat (Pj) keuchik (Kepala Desa) dalam kabupaten setempat. Pelantikan Pj kecuhik tersebut dilakukan untuk mengisi kekosongan jabatan pimpinan dalam desa jelang pemilihan keuchik secara langsung (Pilchiksung) yang direncanakan pada awal tahun 2021 mendatang.  Dalam prosesi pelantikan itu turut hadir Kabag Pemerintahan Rizal dan Camat Tangan-Tangan, Jasmadi.

Asisten Pemerintahan Setdakab Abdya, Amrizal SSos menyebutkan, tiga Pj Keuchik yang dilantik tersebut diantaranya Pj Keuchik Blang Manggeng, Kecamatan Manggeng TM Yunan sesuai SK Bupati nomor 551 tahun 2020. Kemudian Pj Keuchik Desa Masjid Murdani sesuai SK Bupati nomor 581 tahun 2020, dan Pj Keucik Blang Padang Martadinata dengan nomor SK Bupati 580 tahun 2020 Kecamatan Tangan-Tangan.

Dalam kesempatan itu, dia mengingatkan penjabat yang dilantik agar senantiasa mengayomi masyarakat, karena menjadi pimpinan desa memiliki tanggungjawab yang berat. Sebagai pemerintahan desa, keuchik merupakan garda terdepan untuk menyelesaikan persoalan dalam desa. Keuchik harus menjadi tokoh dan panutan di desa dan mampu menyelesaikan segala persoalan yang  terjadi. Keuchik harus ekstra hati-hati dalam mengelola anggaran desa yang lumayan besar dikucurkan. Dimana, anggaran tersebut bukan untuk memperkaya diri, sekelompok orang ataupun golongan tertentu. Akan tetapi dana tersebut untuk kepentingan masyarakat dan kesejahteraan warga di Gampong.

Dia berharap keuchik yang baru saja dilantik, dapat bekerja sama dan sama-sama bekerja dengan perangkat desa, sehingga tugas keuchik menjadi lebih mudah serta setiap persoalan dalam desa mudah terselesaikan. Keuchik juga diharapkan mampu memanfaatkan dana desa dengan sebaik mungkin sesuai peraturan yang berlaku, dan dengan dana desa tersebut bisa melahirkan inovasi-inovasi dalam desa yang bisa mendongkrak ekonomi masyarakat.

“Jalin kerjasama yang baik dengan para perangkat desa, rangkul semua masyarakat hingga terwujud desa yang aman dan sejahtera,” imbuhnya. (ag)