Program TMMD Kodim Abdya Untungkan Masyarakat


Foto: analisisnews.com/agus
BERSIHKAN: Satgas TMMD Kodim 0110/Abdya membersihkan rerumputan di sisi badan jalan yang dibangun di Desa Babah Lhueng Kecamatan Blangpidie, Senin (19/10/2020)

BLANGPIDIE-Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-109 tahun 2020 di wilayah Kodim 0110/Aceh Barat Daya (Abdya) di Desa Babah Lhueng Kecamatan Blangpidie kabupaten setempat dinilai menguntungkan masyarakat. Selama program tersebut berjalan, telah banyak masyarakat yang menikmati prgram pembangunan dimaksud. Tidak hanya masyarakat di desa setempat, masyarakat dari desa lain yang hilir mudik menuju lokasi perkebunan merasakan kemudahan dan manfaat dari program itu.

Iwan, Senin (19/10/2020) salah seorang warga kepada wartawan mengaku sangat terbantu dengan adanya program pembangunan jalan yang dikerjakan oleh pihak TNI di jajaran Kodim 0110/Abdya melalui program TMMD tersebut. Selama ini masyarakat yang bergantung dari hasil perkebunan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari harus bersusah payah untuk mencapai lokasi kebun. Bahkan mereka harus berjalan diantara semak belukar dengan kondisi jalan menanjak, licin serta berbatu. Terlebih saat membawa hasil ke kebun untuk di jual ke pasar, selain beban yang dipanggul cukup berat medan jalan yang dilalui juga sangat sulit.

“Selama program itu berjalan, kami sangat terbantu. Waktu untuk sampai ke kebun lebih cepat, tenaga tidak terkuras sebab jalannya mudah dilalui, bahkan bisa menggunakan kendaraan,” ujarnya.

Hal serupa juga disampaikan Darman warga lainnya. Selama ini mereka harus ekstra hati-hati saat melalui jalur tersebut. Jalan yang curam, membuat masyarakat haru berfikir berulang kali saat hendak menuju lokasi perkebunan, terlebih saat hujan mengguyur.

“Meski resikonya besar, jalur itu harus tetap dilalui agar asap didapur tetap mengepul dan anak-anak tidak kelaparan. Kami sangat berterimakasih atas diadakannya program TMMD ini, terimakasih TNI terimakasih Kodim Abdya,” tuturnya.

Dandim 0110/Abdya, Letkol Inf Arip Subagiyo (Dansatgas) melalui Plh Pasiter, Kapten Inf Mohd. Arifin mengatakan, pelaksanaan TMMD tentunya mampu membawa angin segar bagi masyarakat. Selain membangun beragam infrastruktur di desa, TMMD juga bisa memperkuat hubungan masyarakat dengan TNI. Hal itu dibuktikan dengan aktivitas para Satgas TMMD yang selalu berbaur dengan masyarakat baik saat bekerja  maupun pada saat istirahat.

Banyak manfaat yang diperoleh dari kegiatan TMMD tersebut, salah satunya program TMMD membangun akses transportasi dan saranan lainnya. Kegiatan ini memberikan kontribusi positif, yakni mempermudahkan masyarakat dalam menjalankan aktivitas harian dan juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Dia berharap kepada masyarakat, agar tetap menjaga dan merawat apa saja infrastruktur yang telah dibangun agar dapat dinikmati oleh generasi selanjutnya.  Meski nanti kegiatan TMMD akan berakhir, bukan berarti hubungan silaturahmi dan kekeluargaan juga berakhir. Akan tetapi harus tetap berlanjut dan terus dibina.

“Disisa waktu penutupan tinggal  2 hari lagi, untuk seluruh sasaran fisik dan non fisik telah selesai dikerjakan. Hanya sajapenimbunan jalan yang tinggal sedikit lagi hingga kini masih dikerjakan,” terangnya. (ag)