Seorang Warga Abdya Dilaporkan Hilang di Laut


Foto: analisisnews.com/agus
BAGAN APUNG: Bagan apung tempat Sayuti (38) warga Desa Ujung Tanah Kecamatan Setia bekerja yang kemudian dilaporkan hilang di laut. Hingga saat ini upaya pencarian terus dilakukan dengan melibatkan BPBK, TNI/Polri, SAR hingga nelayan, Selasa (20/10/2020).

BLANGPIDIE-Sayuti (38) warga Desa Ujung Tanah Kecamatan Setia Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dilaporkan hilang di laut. Korban diduga hilang pada Sabtu (17/10/2020) lalu saat berada di bagan apung tempat dia bekerja untuk mencari ikan di lautan lepas.

Kepala Badan Penanggulangan Becana Kabupaten (BPBK) Abdya, Amiruddin kepada wartawan Selasa (20/10/2020) membenarkan kabar hilangnya Sayuti warga Desa Ujung Tanah tersebut. Pihaknya mendapatkan laporan resmi kehilangan korban dari pihak kerabat dan keluarga pada Senin (19/10/2020) sekira pukul 19.15 WIB.

Korban yang sehari-hari berpfropesi sebagai nelayan ini sebelumnya memang berada di bagan apung dimaksud. Dia tinggal dan menjaga bagan disaat rekan-rekannya yang juga bekerja di bagan itu kembali ke daratan untuk berbagai keperluan sebelum nantinya kembali ke laut untuk beraktivitas seperti biasa di tengah laut.  Disaat rekan-rekannya kembali ke bagan apung tersebut, mereka tidak menjumpai korban. Bahkan telah dilakukan upaya pencarian di sekitar lokasi bagan, namun tidak juga membuahkan hasil. Mereka hanya menemukan pakaian korban, sedangkan korban belum diketahui keberadaannya.

“Korban sudah dua hari diperkirakan hilang di laut. Namun baru hari Senin kemarin pihak kerabat dan keluarga melaporkan kejadian itu ke BPBK. Korban sebelumnya tinggal sendiri di sebuah bagan apung tempat dia bekerja. Setelah dilakukan pencarian, korban sudah tidak ada lagi,” ujarnya didampingi Sekretaris BPBK Abdya, Din Armaya saat berada kawasan Kompleks PPI Ujung Serangga Kecamatan Susoh guna melakukan upaya pencarian korban.

Ditambahkan, pasca mendapatkan laporan tersebut, personel BPBK, TNI/Polri, SAR termasuk para nelayan terus bergerak melakukan upaya pencarian korban. Upaya pencarian yang dilakukan dengan menyisir sejumlah titik seperti pinggir pantai, kawasan bagan apung tempat hilangnya korban, serta dibeberapa titik di tengah laut dengan jarak yang memungkinkan.

Selain itu, pihaknya juga telah menyiapkan posko di dua titik, yakni di pantai Ujung Tanah Kecamatan Setia dan di Kompleks PPI Ujung Serangga Kecamatan Susoh dengan harapan setiap perkembangan dan laporan di lapangan dapat segera tertampung secepat mungkin serta upaya pencarian dapat lebih optimal.

“Kami tetap berupaya semaksimal mungkin untuk mencari keberadaan korban, semoga saja cepat ditemukan. Karenanya kami sangat mengharapkan dukungan dari seluruh kalangan masyarakat. Jika ada informasi terkait keberadaan korban, segera sampaikan ke kami,” tuturnya.

Amatan wartawan, upaya pencarian korban sejak dilaporkan hilang telah dilakukan. Termasuk Kapolres Abdya, AKBP Muhammad Nasution SIK dengan sejumlah personel ikut langsung melakukan pencarian korban di kawasan Pantai Ujung Serangga. Terlihat para personel menggunakan speedboat menyisir sejumlah titik, termasuk melakukan upaya pencarian di sekitar bagan apung tempat korban dikabarkan hilang. (ag)