Pangdam IM Resmi Tutup TMMD di Abdya


Foto: analisisnews.com/agus
TMMD: Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Arip Subagiyo menyerahkan secara simbolis hasil TMMD ke Bupati Abdya, Akmal Ibrahim disaksikan Pangdam IM, Mayjen TNI Hassanudin, SIP, MM, dalam acara penutupan TMMD di pendopo bupati setempat, Rabu (21/10/2020).

BLANGPIDIE-Panglima Kodam Iskandar Muda (IM), Mayjen TNI Hassanudin, SIP, MM, Rabu (21/10/2020) secara resmi menutup kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke 109 di Desa Babah Lhueng Kecamatan Blangpidie Kabupaten setempat. Penutupan TMMD ke 109 itu dipimpin langsung Pangdam IM Mayjen TNI Hassanudin, SIP, MM di pendopo Bupati Abdya yang turut dihadiri Danrem 012/Teuku Umar Kolonel Inf Djon Afriadi SIP MS DA, Bupati Abdya Akmal Ibrahim, Wakil Bupati Muslizar MT, Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Arip Subagiyo selaku Dansatgas TMMD, Kapolres AKBP Muhammad Nasution SIK, Kajari Nilawati SH MH, Sekda Drs Thamrin, unsur forum komunikasi pimpinan kabupaten, para asisten, kepala SKPK dan undangan lainnya.

Pangdam IM Mayjen TNI Hassanudin, SIP, MM mengatakan, pelaksanaan TMMD ke-109 tuntas dilaksanakan seratus persen dengan sasaran utama, meliputi kegiatan fisik dan non fisik. Apa yang dikerjakan di lapangan secara bersama-sama tujuannya untuk membantu masyarakat. Dia juga menghimbau seluruh masyarakat Abdya untuk tetap menerapkan protokol kesehatan penanggulangan penyebaran Covid-19 di Abdya dengan rutin mencuci tangan menggunakan sabun, mengenakan masker serta menjaga jarak.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada masyarakat, Polri dan Pemkab Abdya yang telah sama-sama membantu pelaksanaan TMMD ini hingga selesai dengan lancar,” ujarnya.

 Sementara itu, Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Arip Subagiyo mengatakan, kegiatan fisik dan non fisik TMMD 109 di Desa Babah Lhueng seratus persen tuntas dikerjakan. Untuk kegiatan fisik pihaknya melakukan pembukaan badan jalan sepanjang 2.500 meter dan  peningkatan badan jalan sepanjang 1.000 meter.

Kemudian pembersihan badan jalan lama seluas 4 meter dengan panjang 3.000 meter, pemasangan armco sebanyak 3 titik, pembuatan tiga unit jembatan beton sekaligus pemasangan beronjong di kawasan Desa Babah Lhueng ke arah perkebunan masyarakat. Selain itu juga ada kegiatan non fisik, berupa penyuluhan bela negara, penyuluhan kesehatan (Covid-19 dan KB), penyuluhan narkoba,  penyuluhan kehutanan, penyomprotan disinfektan serta pembagian masker kepada masyarakat.

Sementara itu Bupati Abdya, Akmal Ibrahim dalam kesempatan yang sama mengucapkan terimakasih atas kunjungannya ke Abdya. Hal itu menjadi semangat bagi masyarakat Abdya dalam membangun daerah. Selama ini TNI bergerak sangat aktif dalam menjalankan tugasnya, terkhusus di Abdya seperti dalam bidang pertanian dan pengelolaan alat serta mesin pertanian. Selain itu, TNI juga berperan aktif dalam persoalan-persoalan besar terutama dalam hal memberikan dukungan kepada masyarakat.

Keuchik Babah Lhueng, Jasmi mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada TNI atas pelaksanaan TMMD dimaksud. Menurutnya, dengan adanya pembangunan akses jalan tersebut sangat memudahkan masyarakat yang umumnya berprofesi sebagai petani untuk menuju ke kebun mereka. Dimana selama ini, jalan menuju ke kebun tempat mereka mencari nafkah sangat susah untuk dilalui, apalagi saat membawa hasil kebun yang beragam jenis.

“Setelah TMMD ini selesai, kami sangat terbantu dan mudah untuk ke kebun. Bahkan jalurnya juga mudah untuk dilalui kendaraan, baik roda dua maupun roda empat. Selaku masyarakat kami sangat berterimakasih atas kerja keras TNI,” pungkasnya. (ag)