Seorang Nelayan Abdya Hilang di Laut Ditemukan Meninggal


Foto: analisisnews.com/agus
EVAKUASI: Tim gabungan mengevakuasi jasad Sayuti (35) nelayan asal Desa Kuta Murni Kecamatan Setia, Abdya yang dikabarkan hilang di laut beberapa hari lalu, Rabu (21/10/2020).

BLANGPIDIE-Sayuti (35) nelayan asal Desa Kuta Murni Kecamatan Setia Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) yang dikabarkan hilang di laut ditemukan dalam kondisi tak bernyawa.

Kepala Badan Penanggulangan Becana Kabupaten (BPBK) Abdya, Amiruddin kepada wartawan Rabu (21/10/2020) membenarkan terkait penemuan jasad Sayuti tersebut. Jasad korban ditemukan seorang nelayan di perairan Lhok Pawoh Kecamatan Manggeng. Awalnya tim gabungan menerima laporan dari Panglima Laot Lhok Setia  terkait penemuan jasad korban oleh seorang nelayan setempat.  Pascamendapatkan informasi tersebut, pihaknya langsung bergerak ke lokasi korban ditemukan yakni sekitar pukul 08.45 WIB. Korban ditemukan dengan jarak 4 mil dari bibir pantai perairan Lhok Pawoh dan 8 mil dari lokasi bagan apung tempat semula dia dinyatakan hilang. Tim gabungan mendapatkan korban dalam kondisi telungkup dan tidak bernyawa. 

“Jasad korban langsung dievakuasi ke kawasan Kompleks PPI Ujung Serangga Kecamatan Susoh. Selanjutnya dibawa ke rumah duka di Desa Kuta Murni,” katanya.

Seperti diketahui, korban diduga hilang pada Sabtu (17/10) lalu saat berada di bagan apung tempat dia bekerja untuk mencari ikan di lautan lepas. Pihak BPBK Abdya mendapatkan laporan resmi kehilangan korban dari pihak keluarga dan kerabat pada Senin (19/10) sekira pukul 19.15 WIB.

Korban yang sehari-hari berpfropesi sebagai nelayan ini sebelumnya memang berada di bagan apung dimaksud. Dia tinggal dan menjaga bagan disaat rekan-rekannya yang juga bekerja di bagan itu kembali ke daratan untuk berbagai keperluan sebelum nantinya kembali ke laut untuk beraktivitas seperti biasa di tengah laut. Disaat rekan-rekannya kembali ke bagan apung tersebut, mereka tidak menjumpai korban. Bahkan telah dilakukan upaya pencarian di sekitar lokasi bagan, namun tidak juga membuahkan hasil. Mereka hanya menemukan pakaian korban, sedangkan korban belum diketahui keberadaannya.(ag)