2021 Mendatang Abdya Bakal Terima Tambahan DID

Bupati Abdya, Akmal Ibrahim SH

BLANGPIDIE-Tahun 2021 mendatang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Barat Daya (Abdya) akan menerima tambahan dana segar dari program Dana Insentif Daerah (DID) oleh Pemerintah Pusat sebesar Rp33,2 milyar lebih. Hal tersebut disampaikan Bupati Abdya, Akmal Ibrahim SH didampingi Wakil Bupati, Muslizar MT, Sekda Drs Thamrin, Asisten Pemerintahan Amrizal S.Sos, Kepala Badan Keuangan Salman Alfarisi ST saat temu ramah dengan sejumlah awak media di pendopo bupati setempat, Jumat (23/10/2020).

Dikatakan, tambahan dana segar ituberdasarkan hasil postif dari opini positif dari pihak auditor eksternal, Badan Pengawas Keuangan (BPK), penetapan Perda APBK tepat waktu dan pelaksanaan e-goverment (e-budgeting dan e-planning). Termasuk dalam hal itu capaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap laporan keuangan yang setiap tahun diperoleh Pemkab Abdya. Prestasi tersebut diraih atas kerjasama yang baik serta kegigihan PNS di lingkungan Pemkab Abdya.

Selanjutnya memiliki nilai kinerja melewati passing grade yang ditentukan untuk kategori kinerja kesehatan fiskal dan pengelolaan keuangan, pelayanan dasar publik bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan kesejahteraan masyarakat. Pemkab Abdya pada tahun 2021 mendatang berada diurutan ke-5 terbanyak dalam pengalokasian dana dari pusat tersebut. Untuk kabupaten yang berada di kawasan Barat Selatan Aceh (Basela) Abdya berada diurutan kedua setelah Kota Subulussalam.

Sementara itu, Kepala Badan Keuangan Abdya, Salman Alfarisi mengatakan, perolehan tambahan dana segar itu patut disyukuri. Tentu hal itu diperoleh dengan cara kegigihan serta kerjasama yang baik para pegawai di Pemkab Abdya. Lebih lanjut dikatakan, terkait penggunaan DID ini akan dilakukan sesuai kebutuhan dan prioritas, namun pihaknya juga masih menunggu petunjuk teknisnya. DID yang diterima dari pemerintah pusat untuk Kabupaten Abdya tahun 2021 mengalami kenaikan jika dibandingkan tahun sebelumnya yakni sekitar Rp.20 miliar lebih.

“Pencapaian ini berkat kerja semua elemen, mulai dari pimpinan hingga PNS di Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) yang dinilai sangat baik dalam bekerja. Semoga ke depannya dapat lebih baik lagi,” paparnya. (ag)