Kobar-GB Abdya Dukung Pelaksanaan Belajar Secara Tatap Muka


Foto: analisisnews.com/agus
SILAHTURAHMI: Ketua Kobar-GB Abdya, Rusli Ama bersilahturahmi dengan Wakil Bupati Abdya, Muslizar MT terkait dimulainya proses belajar mengajar secara tatap muka di sekolah di masa pandemi Covid-19, Kamis (26/10/2020)

BLANGPIDIE- Koalisi Barisan Guru Bersatu (Kobar-GB) Aceh Barat Daya (Abdya) mendukung sepenuhnya pelaksanaan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka di masa pandemi Covid-19 di sekolah yang telah dimulai sejak Senin (26/10/2020) kemarin bagi murid PAUD, TK dan SD sederajat. Sedangkan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka untuk murid SMP sederajat dan SMA/SMK sederajat telah berlangsung sejak lama dengan menerapkan aturan protokol kesehatan Covid-19.

Ketua Kobar-GB Abdya, Rusli Ama, Selasa (27/10/2020) kepada wartawan mengatakan,  dimulainya kembali kegiatan belajar mengajar bagi murid PAUD, TK dan SD ini merupakan langkah awal bagi siswa untuk mendapatkan kembali pembelajaran secara langsung di sekolah. Momen tersebut telah lama ditunggu-tunggu peserta didik, lantaran kondisi belajar di rumah jauh berbeda dengan sekolah, serta penerapan idikator, kompetensi dasar dan standar kompetensi dari materi pelajaran dapat tersalurkan secara optimal.

Terkait hal itu, pihaknya mendorong Pemkab Abdya dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat untuk terus memotivasi semangat belajar siswa yang selama telah redup lantaran terkendala pandemi Covid-19. Kobar-GB Abdya secara khusus juga telah melakukan koordinasi dengan Wakil Bupati Abdya, Muslizar MT juga Kepala Dinas Pendidikan terkait proses pembelajaran secara tatap muka tersebut.

Para guru dan orang tua setiap hari juga memberikan pemahaman kepada siswa dan anaknya akan pentingnya 3M, yakni memakai masker yang benar, mencuci tangan pakai sabun, dan menjaga jarak fisik. Hal itu penting untuk diterapkan disetiap sekolah tanpa kecuali termasuk saat anak beraktivitas di luar rumah, agar proses belajar mengajar tetap aman dari ancaman Covid-19.

“Sesuai instruksi Bupati Abdya Nomor 423/1238/2020 tentang pelaksanaan pembelajaran secara tatap muka, kami himbau para guru juga tetap mengawasi peserta didik agar selalu menerapkan protokol kesehatan selama berada di sekolah. Langkah awal tentu harus diterapkan oleh para guru terlebih dahulu agar menjadi contoh yang baik bagi peserta didik,” ujarnya. (ag)