Darwati A Gani: Bisnis Tanaman Hias, Alternatif Saat Pandemi

Anggota DPRA, Darwati A Gani

BANDA ACEH – Akhir-akhir ini, prospek bisnis tanaman hias atau Bunga semakin menggiurkan. Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) Darwati A Gani mengatakan, kegiatan menanam dan jual Bunga merupakan alternatif bisnis dimasa pandemi Covid-19.

“Ini bisa dijadikan peluang untuk bisnis. Ada yang jualan pot, ada yang jualan bunga, jual pupuk dan sebagainya. Jadi kita mau ambil peluang yang mana, jadi kolektor bunga, menyediakan pupuk, pot dan lain sebagainya,” kata Darwati A Gani kepada analisisnews.com di Banda Aceh, Rabu (28/10/2020).

Selama menggeliatnya tanaman hias, katanya, masyarakat terutama kaum ibu-ibu banyak disibukkan dengan menanam dan jual bunga. Meskipun demikian, Darwati juga mengharapkan agar para pecinta bunga jangan sampai berhutang hanya untuk beli bunga.

“Jadi masyarakat sekarang ada kesibukan ada kegiatan. Sekarang banyak waktu luang, jadi ibu-ibu ada kegiatan nanam bunga. Tapi jangan dipaksakan juga, karena kadang-kadang ada yang berhutang hanya untuk beli bunga. Karena harga bunga begitu mahal, orang kredit, sehingga jadi bermasalah,” katanya.

Dikatakannya, sekarang banyak peluang bisnis dimasa pandemi. “Jadi macam-macam peluangnya tinggal kita memilih yang mana,” katanya.

Dimasa pandemi Covid-19 ini, masyarakat harus mengikuti protokol kesehatan. Sehingga, lebih banyak waktu di rumah, dan sangat potensial mengembangkan bisnis tanaman hias yang cukup diminati masa sekarang. “Daripada diluar takut-takut juga (selama pandemi covid-19), jadi ada waktu di rumah bersama keluarga, bisa nanam bunga dan rumah pun bisa jadi lebih segar,” kata Darwati. (Barlian)