Rumah Milik Nelayan di Abdya Hangus Terbakar


Foto: analisisnews.com/agus
TERBAKAR: Rumah milik Mahmuddin (60) seorang nelayan di Desa Sejahtera, Kecamatan Manggeng, Abdya hangus terbakar Jumat (30/10/2020) sekitar pukuk 00.10 WIB.

BLANGPIDIE-Satu unit rumah milik nelayan di Desa Sejahtera Kecamatan Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Jumat (30/1/2020) sekitar pukul 00.10 WIB hangus terbakar. Rumah tersebut diketahui milik Mahmuddin (60) seorang nelayan di desa setempat. Rumah tersebut terbakar dalam keadaan kosong tanpa penghuni. Dari informasi warga setempat, sebagian pemiliknya sudah dua hari berada di Banda Aceh, sementara Mahmuddin sendiri selaku kepala keluarga sedang berada di laut.

Hamdi salah seorang warga setempat mengatakan, api diketahui oleh warga setelah mendengar bunyi gemuruh ada yang terbakar. Tetangga yang berada di samping rumah tersebut langsung terbangun dan berteriak untuk meminta bantuan dari warga lainnya. Sesaat kemudian, warga keluar untuk membantu memadamkan api dengan peralatan seadanya. Banyak dari mereka memanfaatkan air dari saluran, sumur dan juga sungai yang hanya berjarak puluhan meter dari tempat kejadian. Sejauh ini belum ada kejelasan penyebab munculnya api, warga baru mengetahui kebakaran rumah semi permanen itu setelah api mulai membesar. Ditambah lagi, kejadian kebakaran persis ketika warga sedang nyanyak tertidur.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Abdya, Amiruddin melalui Kabid Kesiapsiagaan dan Damkar, M Rahman Muslim mengatakan, pascamendapatkan laporan tentang adanya musibah kebakaran itu, pihaknya langsung bergerak ke lokasi sekaligus mengerahkan tiga unit armada pemadam kebakaran (Damkar).

Satu unit Damkar memang sudah lebih awal ke lokasi karena berada dekat dengan tempat kejadian. Sementara dua unit lainnya dikerahkan dari pos induk BPBK di Blangpidie.

Api yang dilaporkan dalam kondisi sudah membesar itu mampu dilumpuhkan dengan waktu lebih kurang satu jam termasuk melakukan pendinginan area.  Akibat kejadian itu, seisi rumah hangus terbakar, sebab saat terbakar pemiliknya tidak ada di rumah dan warga juga baru tahu setelah api membesar.

Secara terpisah, Camat Manggeng Hamdani menyebutkankan, anggota keluarga yang tinggal di rumah itu sebanyak 6 orang. Mahmuddin sebagai kepala keluarga sedang berada di laut, sementara istrinya bersama anak dan cucunya tengah berada di Banda Aceh. Terkait peristiwa itu, dia telah melaporkan langsung ke pimpinan dalam hal ini Bupati Abdya. Untuk sementara, pihaknya sedang menunggu upaya lebih lanjut dari BPBK terkait bantuan masa panik. Mengenai kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

“Rumah itu dalam keadaan kosong tanpa penghuni. Warga sekitar baru mengetahui adanya kebakaran setelah api membesar. Sementara kami  juga belum tahu persis dari mana sumber api itu datang,” tuturnya. (ag)