Muspika Lembah Sabil Ajak Warga Terapkan Prokes Covid-19


Foto: analisisnews.com/agus
PASANGKAN MASKER: Unsur Muspika Lembah Sabil, Abdya memasangkan masker kepada warga saat sosialisasi penerapan Prokes Covid-19 ke desa-desa, Senin (2/11/2020).

BLANGPIDIE-Himbauan dan ajakan dari Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dalam hal penerapan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 terus dilakukan. Tidak hanya di tingkat kabupaten, ajakan itu juga disampaikan oleh pihak kecamatan hingga ke pelosok desa. Seperti halnya yang dilakukan unsur Muspika Lembah Sabil, TNI dan Polri serta unsur terkait lainnya.

Camat Lembah Sabil, TR Syahir, Senin (2/11/2020) mengatakan, upaya Muspika Lembah Sabil dalam mengajak kalangan masyarakat untuk lebih taat dan patuh terkait penerapan Prokes Covid-19 tersebut bertujuan untuk kebaikan masyarakat. Sebab selama ini, berdasarkan pantauan pihaknya, masih banyak masyarakat yang melakukan aktivitas di luar rumah seperti di pasar tradisional dan pusat keramaian lainnya tidak menerapkan Prokes, seperti menjaga jarak, mengenakan masker dan lainnya. Kondisi itu membuat Muspika Lembah Sabil termasuk Muspika lainnya dalam Kabupaten Abdya bergerak dan turun langsung ke lapangan guna menghimbau masyarakat untuk taat mengikuti protokol kesehatan Covid-19.

“Himbauan dilakukan dengan cara berkeliling kampung dilengkapi alat pengeras suara agar masyarakat paham akan pentingnya menerapkan Prokes Covid-19. Tindakan ini untuk kebaikan bersama, agar penyebaran virus Covid ini tidak terus meluas,” ujarnya disela-sela penyampaian himbauan kepada masyarakat di Desa Meunasah Tengoh, Lembah Sabil.

Selain itu, pentingnya sosialisasi dan himbauan ini dilakukan agar masyarakat yang ada di desa-desa benar-benar paham dan tidak cemas terhadap penyebaran virus ini. Intinya Muspika Lembah Sabil bersama-sama memberikan himbauan kepada warga agar tetap waspada, sekaligus mengajak masyarakat untuk membudayakan hidup bersih dan sehat sebagai langkah pencegahan penyebaran virus Corona.

Salah seorang Bhabinsa dalam Kecamatan Lembah Sabil, Serka Suherwansyah mengatakan, pihaknya sangat mengharapkan peran serta dan kerja sama dari masyarakat agar meningkatkan kesadaran untuk sama-sama mematuhi instruksi dari pemerintah  terkait penerapan disiplin protokol kesehatan Covid-19. Dengan adanya kegiatan tersebut mudah-mudahan kesadaran masyarakat dalam mengikuti protokol kesehatan Covid 19 akan semakin meningkat.

“Dalam kegiatan ini kami juga membagikan masker kepada warga dan pengguna jalan yang tidak mengenakan masker. Kami selaku Muspika Lembah Sabil, TNI dan POLRI berseta instansi terkait lainnya akan terus bersinergi dalam membantu pemerintah dalam memerangi penularan Virus Corona yang sedang mewabah. Karenanya peran serta masyarakat sangat kami butuhkan,” pungkasnya.(ag)