Hadirnya Puncak Gunung Sabi Destinasi Wisata Baru Abdya


Foto: analisisnews.com/agus
PUNCAK GUNUNG SABI: Puncak Gunung Sabi atau biasa dikenal Puncak Batee Lhee (batu tiga) yang berlokasi di Desa Meurandeh, Kecamatan Lembah Sabil, Abdya mulai ramai dikunjungi lantaran keindahan panorama alam yang disuguhkan, Selasa (3/11/2020).

BLANGPIDIE-Puncak Gunung Sabi atau biasa dikenal Puncak Batee Lhee (batu tiga) yang berlokasi di Desa Meurandeh, Kecamatan Lembah Sabil, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) merupakan destinasi objek wisata baru di kabupaten setempat. Dalam beberapa bulan terakhir, lokasi Puncak Gunung Sabi ini mulai ramai diperbincangkan oleh warga Abdya dan kabupaten lainnya. Bahkan, beragam postingan warga di media sosial turut meramaikan daya tarik objek wisata yang terbilang baru lahir ini.

Salman SH selaku pemilik sekaligus penggagas objek wisata ini, Selasa (3/11/2020) mengatakan, pasca lokasi ini dibuka untuk umum, pengunjung terus berdatangan baik dari berbagai kecamatan di Abdya maupun pengunjung dari kabupaten tetangga. Banyak yang penasaran dengan keindahan Puncak Gunung Sabi ini. Rasa penasaran para pengunjung langsung dibuktikan dengan suguhan pemandangan dari ketinggian ditambah hembusan angin yang tak kalah sejuk, sehingga membuat pengunjung betah berlama-lama hanya untuk sekedar bersantai dengan keluarga.

“Nuansa pegunungan hijau dan bukit menjulang menambah daya tarik tersendiri bagi siapa saja yang berkunjung ke lokasi ini. Angin yang berhembus sepanjang hari membuat pengunjung hampir dipastikan enggan beranjak dari lokasi wisata alam ini,” ujarnya.

Hampir setiap hari, terutama saat libur akhir pekan, ratusan pengunjung terus berdatangan ke lokasi ini untuk menikmati keindahan alam yang membuat mata terpana ketika menyaksikan lereng-lereng gunung yang ditumbuhi aneka pepohonan, bunga serta rumput yang tertata rapi.  Kendati pekerja masih sibuk membangun berbagai fasilitas yang dibutuhkan, namun hal itu tidak mengganggu aktivitas pengunjung yang sedang mendaki ke puncak. Bahkan pengunjung dari berbagai daerah terus berdatangan karena penasaran dengan keindahannya.

Saat ini akses menuju Puncak Gunung Sabi tidak seperti dahulu lagi, bahkan sudah ada jalan yang bisa dilalui dengan kendaraan roda empat, sehingga pengunjung tidak perlu merasa khawatir. Semakin mendekati puncak gunung, maka mata pengunjung akan dapat menyaksikan keindahan panorama alam yang dikelilingi oleh gunung-gunung yang bersebelahan serta pemandangan laut dan perkampungan serta sawah sehingga menjadikan alam dan manusia terasa semakin menyatu. Untuk menuju ke lokasi tersebut, pengunjung bisa melewati jalan Desa Seunulop, Kecamatan Manggeng atau Desa Suka Damai, Kecamatan Lembah Sabil. Dimana, akses jalan menuju ke lokasi itu juga sudah memadai.

“Saya mencoba memberanikan diri untuk membuka lahan ini dan menjadikannya tempat wisata, supaya Abdya juga tidak kalah dengan daerah lain. Saya mengajak kalangan milenial di Abdya harus berani menunjukan kepada orang-orang bahwa daerah kita juga mempunyai keindahan alam yang tidak kalah saing dengan daerah lain,” katanya.

Sementara itu, TM Daod Yuska salah satu pemerhati lingkungan di wilayah setempat mengaku bangga dengan hadirnya destinasi wisata baru tersebut. Menurutnya, selama ini masyarakat kerap berkunjung ke pantai dan sungai untuk menghabiskan hari libur bersama keluarga. Hadirnya objek wisata pergunungan ini, akan memberikan nuansa baru bagi mereka yang butuh liburan.

“Sudah sepatutnya kita punya destinasi wisata baru seperti puncak pegunungan. Sehingga tidak hanya terfokus pada pantai dan sungai saja. Jadi, pengunjung tinggal memilih, mau ke pantai, sungai atau ke gunung untuk berakhir pekan,” paparnya.

Disamping itu, dia juga berharap di lokasi objek wisata Puncak Gunung Sabi dapat tumbuh berbagai macam aneka tanaman buah-buahan, tidak hanya terfokus pada keindahannya saja. Sambil mendaki ke puncak gunung, mata pengunjung juga disugukan berbagai macam aneka tanaman buah yang segar. Tentu yang lebih diminati pengunjung adalah buah-buahan lokal.(ag)