PNS Abdya Antusias Manfaatkan Aplikasi Mobile JKN


Foto: analisisnews.com/agus
SOSIALISASI MOBILE JKN: Kepala DPMPTSP dan Trans Abdya, Ir Muslim Hasan memperlihatkan cara pemanfaatan aplikasi Mobile JKN yang telah digunakannya saat sosialisasi pemanfaatan aplikasi Mobile JKN yang diselenggarakan BPJS Kesehatan Abdya, Rabu (4/11/2020).

BLANGPIDIE-Kalangan pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Barat Daya (Abdya) merasa terbantu dengan hadirnya aplikasi Mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diluncurkan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Bahkan tidak sedikit kalangan PNS Abdya merasa antusias serta telah memanfaatkan kemudahan yang disajikan aplikasi dimaksud.

Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (DPMPTSP dan Trans) Abdya, Ir Muslim Hasan, Rabu (4/11/2020) disela-sela kegiatan sosialisasi aplikasi Mobile JKN yang diselenggarakan BPJS Kesehatan Abdya kepada para PNS di kantornya mengatakan, aplikasi Mobil JKN dinilai sangat bermanfaat dan membantu para peserta khususnya kalangan PNS guna mendapatkan layanan kesehatan secara maksimal.

“Kami menyambut baik hadirnya aplikasi Mobil JKN ini, karena sangat membantu. Kita tidak perlu harus mengatre dan membuang-buang waktu. Cukup manfaatkan Mobile JKN, keperluan mengenai layanan kesehatan akan mudah didapat,” ujarnya.

Menurutnya, hadirnya aplikasi Mobile JKN tersebut dinilai sangat membantu, tidak hanya kalangan PNS saja, bahkan masyarakat Abdya. Terlebih eberadaan aplikasi ini sangat dibutuhkan terlebih disaat pandemi Covid-19 yang sedang melanda. Masyarakat tidak harus beramai-ramai datang ke kantor BPJS Kesehatan, cukup dengan menginstal aplikasi dan memanfaatkannya.

“Aplikasi ini juga dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Abdya, karena masyarakat tidak harus datang ke kantor BPJS Kesehatan hanya untuk mendapatkan pelayanan dan terhindar dari keramaian. Maka dari itu, kami sangat mengapresiasi aplikasi ini, sebab sangat membantu dan memudahkan kami selaku PNS dan masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Abdya, Yumiarti mengatakan, sejauh ini hadirnya aplikasi Mobile JKN mendapatkan sambutan hangat dari seluruh kalangan masyarakat Abdya.

Ditambahkan, aplikasi Mobile JKN merupakan salah satu inovasi dari BPJS Kesehatan yang bertujuan untuk mempermudah proses dan penggunaan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Aplikasi yang dapat didownload melalui Appstore atau Playstore tersebut dapat diakses oleh semua segmen peserta JKN-KIS ini juga menyediakan informasi-informasi terupdate tentang Program JKN-KIS.

“Aplikasi ini telah kami kenalkan ke berbagai kalangan masyarakat, termasuk para PNS di lingkungan Pemkab Abdya. Alhamdulillah hadirnya aplikasi ini mendapatkan respon positif  serta dukungan dari berbagai kalangan, karena bertujuan untuk mempermudah proses dan penggunaan Program JKN-KIS,” paparnya.

Aplikasi Mobile JKN ini sangat besar manfaatnya jika digunakan oleh peserta ataupun calon peserta JKN-KIS. Karena selain menyajikan informasi yang lengkap juga mudah digunakan sehingga masyarakat tidak perlu datang ke kantor BPJS Kesehatan hanya untuk memperoleh informasi tentang Program JKN-KIS serta dapat mencegah penyebaran Covid-19.

“Selain informasi tentang JKN-KIS, pada aplikasi Mobile JKN juga terdapat skrining mandiri Covid-19, konsultasi dokter, ketersediaan tempat tidur, riwayat pelayanan dan lainnya. Intinya hadirnya aplikasi ini murni untuk membantu masyarakat,” tutupnya. (ag)