Sahidal kastri: Pendewasaan Perwakinan sangat Penting untuk meningkatkan kualitas SDM

Anggota DPR RI HM Salim Fakhry menyampaikan sambutannya dalam Kegiatan Pusat Informasi dan Konseling Remaja  (PIK- R) di Gampong Keluarga Berkualitas (KB)

KUTACANE – Kepala Perwakilan BKKKBN Aceh mengatakan pentingnya pendewasaan perkawinan bagi calon ibu dan ayah. Sebab, dengan dewasanya perkawinan maka akan berpengaruh positif pula terhadap sumber daya manusia yang dilahirkan.

Hal itu disampaikan Sahidal Kastri dalam Kegiatan Pusat Informasi dan Konseling Remaja  (PIK- R) di Gampong Keluarga Berkualitas (KB), tepatnya didesa Ujung Barat Kecamatan Babussalam Kabupaten Aceh Tenggara, Rabu (4/11/20).

“ Tujuanya adalah dalam rangka dewasa perkawinan untuk calon ibu umurnya 21 tahun dan untuk calon ayah umur 25 tahun ini kita mengingin kan kematangan emosional dan juga kesiapan dalam berkeluarga terutama dalam memenuhi kebutuhan keluarga,” katanya.

Dalam kegaitan PIK-R, kata Sahidal Kastri, dilaksanakan untuk mencegah anak -anak muda yang kawin muda dan mencegah perlakuan seks di luar nikah. Selain itu, tidak kalah pentingnya juga mencegah penyalahgunaan narkoba.

Dalam kegaitan tersebut, katanya, nara sumber mejelaskan tentang konseling sebaya.  “Karena anak anak muda kita ini untuk  teman curhat nya bukan sama orang tua ibu atau ayahnya, biasa nya anak anak muda sekng kalau curhat itu keteman sebayanya. Nanti yang  hadir ini akan kita berikan pengarahan tentang konseling ini apa bila ada ada teman sebaya nya yang curhat mereka suda bisa menjelaskan dengan benar,” ujarnya.

Sementara, Anggota DPR RI,  H.M. Salim Fakhry yang menghadiri Kegiatan PIK- R di Gampong KB tersebut, mengatakan, pihaknya mendukung penuh program BKKBN. “Terima kasih kepada BKKBN yang menyelenggarakan acara ini, semoga kedepan Aceh Tenggara akan lebih baik lagi,” ujarnya. (bar)