TNI Kembali Semprot Disinfektan dan Sosialisasikan Covid-19


Foto: analisisnews.com/agus
PENERTIBAN: Personel Koramil 01/Blangpidie Kodim 0110/Abdya bersama instansi terkait melakukan penertiban penerapan protokol kesehatan Covid-19 di kawasan Pasar Blangpidie sekaligus menghimbau masyarakat untuk tetap menerapkan aturan protokol kesehatan, Jumat (6/11/2020).

BLANGPIDIE-Personel TNI di jajaran Kodim 0110/Aceh Barat Daya (Abdya) kembali melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan masyarakat. Penyemprotan disinfektan dengan target rumah ibadah seperti masjid maupun musala serta kompleks perumahan warga di Kecamatan Manggeng tersebut dilakukan personel TNI Koramil 06/Manggeng Kodim 0110/Abdya.

Sertu Anis Fuad personel Koramil 06/Manggeng kepada wartawan, Jumat (6/11/2020) mengatakan, penyemprotan cairan disinfektan dilakukan sebelum masyarakat menunaikan salat Jumat, sehingga disaat warga ke luar rumah untuk beribadah akan lebih aman serta dapat beribadah dengan nyaman.

“Kami juga menggandeng kalangan masyarakat dalam upaya penyemprotan ini. Selain penyemprotan, kami juga memberikan pemahaman kepada warga untuk tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan virus Covid-19, karena hal itu sangat penting sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran virus,” ujarnya disela-sela kegiatan penyemprotan disinfektan di kompleks Masjid Syeh Kuna Desa Seunelop Kecamatan Manggeng.

Dikesempatan sebelumnya personel TNI Koramil 06/Manggeng juga telah melakukan penyemprotan disinfektan sekaligus melakukan sosialisasi di pemukiman warga dalam Kecamatan Manggeng, termasuk pusat perbelanjaan, sekolah, warung serta lokasi lainnya.

“Kedepannya upaya ini akan terus kami lakukan, sehingga penyebaran virus itu tidak semakin meluas,” paparnya.

Hal serupa juga dilakukan personel TNI Koramil 01/Blangpidie Kodim 0110/Abdya. Bersama dengan instansi terkait lainnya memberikan pemahaman kepada warga yang enggan menerapkan aturan protokol kesehatan seperti penggunaan masker dan lainnya.

Personel Koramil 01/Blangpidie Serma Indra Mustafa mengatakan, pihaknya akan terus bersinergi melakukan pemantauan melalui kegiatan patroli dan sosialisasi penegakkan disiplin protokol kesehatan bersama Muspika dan tim kesehatan dari puskesmas setempat. Upaya itu bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kemauan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Berdasarkan amatan pihaknya, masih ada juga warga yang enggan mengenakan masker saat beraktivitas di luar rumah, padahal sosialisasi serta upaya lainnya terus digalakan agar kesadaran masyarakat tumbuh.

Lebih lanjut dikatakan, seluruh pengguna jalan  baik yang mengendari kendaraan roda empat maupun sepada motor yang melintasi pusat Kota Blangpidie tidak lepas dari pemeriksaan pihaknya.

“Masih banyak warga yang tidak mengikuti protokol kesehatan dalam penggunaan masker pada saat melaksanakan aktivitas di luar rumah. Mereka yang melanggar kami berikan pemahaman agar mematuhi aturan protokol kesehatan. Kegiatan penertiban ini akan terus kami lakukan sampai masyarakat betul-betul sadar bahwasanya instruksi yang dikeluarkan oleh pemerintah tersebut adalah demi keselamatan kita semua,” pungkasnya.(ag)