M Salim Fakhri Dukung Peran Generasi Muda dalam Kegiatan PIK-R

Anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan Aceh, M. Salim Fakhri memberikan sambutan dan menyatakan mendukung penuh peran generasi muda kabupaten Aceh Tenggara dalam kegiatan PIK-R. (Foto: Istimewa)

KUTACANE – Anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan Aceh, M. Salim Fakhri mendukung penuh peran generasi muda kabupaten Aceh Tenggara dalam mengelola dan menjalankan kegiatan Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R). Hal itu disampaikannya saat menghadiri acara pertemuan dengan Perwakilan BKKBN Provinsi Aceh, di Gampong Keluarga Berkualitas (KB) Desa Ujung Barat Kecamatan Babussalam, Senin (4/11/2020).

Dikatakannya, peran generasi muda dan masyarakat sangat diharapkan untuk ikut berpartisipasi dalam segala aspek pembangunan. Menurutnya, peranan pemerintah saja tidak cukup untuk membangun dan mensejahterakan rakyat, bila tanpa didukung bersama-sama oleh segenap lapisan masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Salim Fakhri juga berharap kepada generasi muda agar berinovasi untuk hal positif. “Jauhi Narkoba dan pro aktif dalam setiap kegiatan kemasyarakatan, karena generasi muda adalah sebagai penerus bangsa dan negara,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BKKBN Aceh, Drs. Saidal Kastri, M.Pd mengatakan, tujuan dari PIK-R adalah untuk menyiapkan kehidupan generasi muda, mencegah perkawinan usia dini, mencegak prilaku seks bebas dan menghindari narkoba. Di samping itu, juga menyiapkan generasi muda yang berkualitas untuk kehidupan masa mendatang.

“Tentunya kita berharap, pendewasaan emosional yang matang, saat merencanakan perkawinan, sesuai dengan harapan pemerintah. Hendaknya perempuan menikah setelah di usia 21, dan pria usia 25 tahun. Dengan usia tersebut, kesiapan calon ibu dan bapak sudah matang, untuk memenuhi kebutuhan keluarganya,” kata Saidal.

Saidal Kastri mengatakan, perkawinan di usia muda dapat berpotensi melahirkan anak stunting. “Maka diharapkan anak muda menghindari perkawinan di usia dini agar kedepannya keturunan yang dihasilkan bisa menjadi generasi yang sehat dan berkualitas,” lanjutnya. (rel/bar)