Pemkab Aceh Besar dan Forkopimda Ziarah ke Makam Tgk Chik Di Tiro

TABUR BUNGA: Wabup Aceh Besar Tgk H Husaini A Wahab bersama Forkopimda setempat, menabur bunga ke makam pahlawan nasional Tgk Chik Di Tiro, di Meureu, Kecamatan Indrapuri, Selasa (10/11/2020). (Analisisnews.com/Barlian)

KOTA JANTHO – Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan tahun 2020, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar bersama Forkopimda, ziarah ke makam Pahlawan Nasional Tgk Chik Di Tiro di Meureu, Kecamatan Indrapuri, Selasa (10/11/2020). Wakil Bupati Aceh Besar, Tgk H Husaini A Wahab bertindak selaku inspektur upacara ziarah dan doa bersama di makam pahlawan nasional dari Aceh Besar itu.

Hadir dalam kesempatan itu, Forkopimda, Plt Sekda Aceh Besar Abdullah SSos, para Kepala OPD, camat, jajaran Dinsos Aceh Besar, Muspika Indrapuri, dan tokoh-tokoh masyarakat. Ziarah ke makam pahlawan nasional itu dimulai pukul 09.15 WIB. Selanjutnya, Wabup Aceh Besar bersama Forkopimda melakukan tabur bunga dan berdoa yang dipimpin Ketua MPU Aceh Besar Tgk Muchsalmina A Wahab.

Kegiatan ziarah makam tersebut berlangsung dalam suasana khidmat, lancar, dan sukses. kepada Wartawan, seusai kegiatan, Wabup Aceh Besar Tgk H Husaini A Wahab mengajak semua pihak untuk meneladani dan melanjutkan perjuangan serta kegigihan para pahlawan demi kemerdekaan bangsa. “Saya juga mengajak generasi muda Aceh Besar untuk terus berkarya. Jauhi narkoba dan hal-hal yang tidak berguna. Teladani perjuangan pahlawan yang telah berjasa untuk bangsa ini,” pinta Waled Husaini.

Menurutnya, momentum Hari Pahlawan merupakan kesempatan bagi kita bersama untuk mewujudkan kontribusi luhur demi kemajuan bangsa ini. Untuk itulah, lanjut Wabup Aceh Besar, sekarang adalah waktu yang tepat untuk berbuat dan memberikan sumbangsih terbaik, sebagaimana yang sudah dilakukan para pahlawan kesuma bangsa. Di akhir kegiatan, Wabup Aceh Besar didampingi Forkopimda menyerahkan bingkisan kepada perwakilan tokoh masyarakat setempat.

Sementara itu, Kadis Sosial Aceh Besar Bahrul Jamil SSos MSi menambahkan, dalam rangka peringatan Hari Pahlawan tahun 2020, selain melakukan ziarah dan doa di makam pahlawan nasional Tgk Chik Di Tiro, pihaknya juga telah telah melaksanakan bakti sosial untuk membantu masyarakat. “Mari kita lanjutkan perjuangan para pahlawan bangsa itu untuk kemajuan daerah,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPRK Aceh Besar, Iskandar Ali mengatakan momentum Hari Pahlawan harus diisi dengan kegiatan yang mengingatkan kembali tentang perjuangan. Dikatakannya, hal terpenting yang perlu diingat kembali, adalah menjaga harapan.
“Satu makna dari pahlawan itu mereka terus menjaga harapan. Mengapa mereka berjuang dengan mengorbankan hartanya nyawanya, karena ada harapan yang diinginkan bahwa Indonesia akan lebih baik,” ujarnya.

Menurut Iskandar, momentum hari pahlawan harus disebarkan kepada generasi muda sekarang, untuk bagaimana membangun harapan. Harapan yang dimaksudkan adalah harapan untuk menjadikan Indonesia lebih baik, menjadikan Aceh dan Aceh Besar khususnya lebih baik kedepannya. “Kesemuanya ini tidak bisa berpangku tangan. Tentunya harus ada perjuangan perjuangan ke arah itu. Mungkin inilah semangat 10 November yang perlu kita tularkan kepada seluruh generasi muda, untuk menjadikan Indonesia dan khusus Aceh lebih baik,” katanya. (bar)