Cegah Penyebaran Covid, Ratusan Masker Dibagikan Kepada Warga


Foto: analisisnews.com/agus
BAGIKAN MASKER: Muspika Kecamatan Susoh membagikan masker kepada warga dan nelayan yang berada dalam kompleks PPI Ujung Serangga Kecamatan Susoh, Abdya, Jumat (13/11/2020)

BLANGPIDIE-Muspika Kecamatan Susoh, Jumat (13/11/2020) membagikan sekitar 500 masker kepada warga dan nelayan yang berada dalam kompleks pelabuhan pendaratan ikan (PPI) Ujung Serangga Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya). Pembagian masker tersebut bertujuan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 dalam wilayah kabupaten setempat.

Anggota Koramil 04/Susoh, Sertu Apriadi disela-sela pembagian masker yang juga dihadiri Camat Susoh, Zulfan mengatakan, setiap harinya aktivitas di kompleks PPI Ujung Serangga selalu ramai oleh warga yang berdatangan untuk membeli ikan serta para pedagang ikan termasuk nelayan. Diantara mereka, masih banyak yang belum mengenakan masker, sehingga upaya pembagian masker tersebut sangat tepat dilakukan, paling tidak untuk meningkatkan kesadaran mereka akan bahaya Covid-19. Serta dapat menerapkan penggunaan masker sebagai kebutuhan saat beraktivitas di luar rumah.

“Lokasi PPI ini sangat rawan dalam penularan Covid 19, apalagi masih ada masyarakat tidak mengikuti Prokes Covid-19 baik dalam penggunaan masker maupun menjaga jarak (Physical Distanching),” ujarnya.

Sejauh ini, Muspika setempat termasuk personel TNI, Polisi serta tim kesehatan terus berupaya mengingatkan masyarakat untuk tetap mematuhi Prokes penanggulangan Covid-19. Selain membagikan masker, pihaknya juga memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait pentingnya mematuhi Prokes dimaksud dengan tujuan untuk kebaikan bersama.

Sementara itu, Camat Susoh, Zulfan mengatakan, meski hanya sekedar membagikan masker serta menyampaikan pemahaman terkait pencegahan Covid-19, masyarakat terlihat antusias dengan upaya yang dilakukan pihak Muspika Susoh. Begitu juga dengan kegigihan aparat TNI, Polisi termasuk tim kesehatan yang saban hari terus berupaya menyampaikan pemahaman dalam bentuk sosialisasi serta edukasi kepada masyarakat, dengan harapan kesadaran dalam menerapkan Prokes semakin meningkat dan membudaya.

Akan hal itu pihaknya berharap kepada seluruh elemen masyarakat untuk tetap mematuhi aturan Prokes Covid-19 seperti penerapan penggunaan masker yang dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat. Penggunaan masker juga merupakan salah satu cara memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 di Abdya .

Pihaknya tetap mengimbau masyarakat untuk terus mengenakan masker saat beraktivitas di luar rumah, sering mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan serta tetap menerapkan pola hidup sehat.(ag)