IMM Berharap Penyaluran Beasiswa Tidak Pilih Kasih

Ketua Pimpinan Cabang IMM Abdya, Ahlul Zikri

BLANGPIDIE-Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Aceh Barat Daya (Abdya) berharap kepada Pemerintah Kabupaten setempat agar penyaluran beasiswa untuk mahasiswa berprestasi dan kurang mampu berjalan sesuai dengan prosedur serta tidak pilih kasih.

Ketua Pimpinan Cabang IMM Abdya, Ahlul Zikri kepada wartawan, Senin (16/11/2020) mengatakan, beasiswa yang diperuntukkan kepada mahasiswa yang sedang menempuh jenjang perkuliahan tingkat strata satu (S-1) dan diploma tiga (D 3) itu harus dikawal bersama, dengan tujuan penyalurannya tidak diskriminatif maupun pilih kasih.

Apalagi lanjutnya, jika merujuk surat yang ditanda tangani Sekretaris Daerah (Sekda) Abdya Drs Thamrin Abdya, nomor 422.5/1311/2020, tertanggal 12 November 2020, beasiswa ini bersumber dari dana APBK tahun 2020 dan bukan dari kantong pribadi atau orang tertentu. Maka dari itu penerimaan beasiswa tersebut harus disesuaikan berdasarkan ketentuan seperti kelengkapan dokumen, perangkingan dan ketersediaan anggaran.

“Besar harapan beasiswa ini mampu memberikan motivasi bagi para mahasiswa yang sedang menuntut ilmu. Terlebih dimasa pandemi sekarang, tentu kehadiran beasiswa itu sangat membantu,” ujarnya.

Seperti diketahui, Pemkab Abdya telah membuka pendaftaran beasiswa dan akan berakhir pada 27 November 2020 mendatang. Bagi mahasiswa yang berkeinginan memperoleh beasiswa prestasi tersebut salah satu syaratnya harus memiliki indek prestasi (IP) minimum IP 3,50 dan untuk beasiswa mahasiswa kurang mampu atau miskin IP minimumnya 2,50. Pemkab Abdya membuka pendaftaran beasiswa bagi mahasiswa berprestasi dan kurang mampu atau miskin, untuk membantu para mahasiswa dalam memenuhi kebutuhan pendidikan mereka.

Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa S1 dan D3. Sementara anggaran yang disiapkan untuk beasiswa ini sebesar Rp 1 miliar. Syarat lain, para calon penerima beasiswa harus membuat surat permohonan kepada Bupati Abdya, fotokopi kartu tanda penduduk, fotokopi kartu keluarga, surat asli keterangan aktif kuliah dari perguruan tinggi, yang ditandatangani oleh pejabat yang berwenang, fotokopi kartu tanda mahasiswa, fotokopi kartu hasil studi semester terakhir yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang, dan fotokopi buku rekening Bank Aceh Syariah atas nama mahasiswa dimaksud. 

Penerimaan beasiswa mahasiswa ini nantinya akan disesuaikan berdasarkan perangkingan dan sesuai dengan ketersediaan anggaran. Setelah syarat tersebut terpenuhi, para calon penerima bisa mengantarkan berkas ke tempat pendaftaran di kantor bupati di Bagian Keistimewaan, Kesra dan Ekonomi Setdakab Abdya. (ag)