Optimalkan Penerapan Prokes, Personel TNI Kunjungi Sekolah


Foto: analisisnews.com/agus
EDUKASI: Personel TNI Koramil 02/Kuala Batee memberikan edukasi terkait penerapan Prokes Covid-19 kepada pelajar SDN 5 Kuala Batee, Abdya, Jumat (20/11/2020).

BLANGPIDIE-Personel TNI Koramil 02/Kuala Batee Kodim 0110/Aceh Barat Daya (Abdya), Jumat (20/11/2020) mengunjungi sejumlah sekolah dalam kawasan kecamatan setempat. Hal itu dilakukan dalam upaya penerapan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19.

Serda M.A.Aritonang personel Koramil 02/Kuala Batee mengatakan, seperti diketahui penyebaran Covid-19 sampai saat ini masih menjadi ancaman bagi seluruh kalangan masyarakat. Akan hal itu diperlukan kepedulian bersama untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebarannya dengan cara mengedukasi seluruh lapisan masyarakat tidak terkecuali para pelajar.

“Selain mengedukasi para pelajar, kami juga mengingatkan mereka untuk tetap menambah asupan gizi agar dapat meningkatkan kekebalan tubuh mereka. Menerapkan pola hidup sehat dan mematuhi protokol kesehatan adalah cara terbaik untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ujarnya saat memberikan pemahaman kepada pelajar SDN 5 Kuala Batee terkait penerapan Prokes Covid-19.

Sejauh ini pihaknya terus bergerak mengunjungi masyarakat, termasuk di lingkungan sekolah dengan mensosialisasikan Prokes Covid-19 serta memberi himbauan 3M kepada peserta didik di sekolah yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan agar bisa terhindar dari penyebaran Covid-19. Menurutnya, kegiatan tersebut dilaksanakan juga berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 6 tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19. Dengan tertib menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dapat menjadi salah satu upaya memutus mata rantai penyebaran dan penularan virus Covid-19.

“Setiap kegiatan kunjungan ke sekolah, kami juga memeriksa sarana yang disiapkan sekolah seperti, ruang belajar, peralatan pengecekan suhu tubuh, tempat cuci tangan, penggunaan masker hingga jarak siswa saat belajar dalam ruangan. Langkah itu dilakukan guna memastikan peroses belajar mengajar secara tatap muka harus berjalan sesuai dengan protokoler kesehatan,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala SDN 5 Kuala Batee, Ibrahim, S.Pd mengapresiasi upaya yang dilakukan personel TNI dalam mengingatkan masyarakat hingga pelajar terkait penerapan Prokes Covid-19. Melalui edukasi yang disampaikan dia berharap, peserta didik semakin disiplin untuk menerapkan pola hidup sehat dan selalu mematuhi protokol kesehatan agar terhindar dari virus corona.

Penularan virus tersebut sangat cepat tanpa memandang usia, maka dari itu upaya pencegahan harus dilakukan semaksimal mungkin termasuk di lingkungan sekolah. Pasca pembelajaran secara tatap muka diberlakukan kembali, pihaknya telah menyiapkan berbagai perlengkapan penunjang pencegahan penularan Covid-19, termasuk pengaturan jaga jarak bagi siswa serta penggunaan masker di lingkungan sekolah.

“Besar harapan pandemi ini segera berakhir, dan kegiatan berlajar mengajar bisa kembali normal seperti biasa,” pungkasnya.(ag)