Peringati Hari Difabel Internasional, PUSPA Nagan Raya Santuni Penyandang Disabilitas

Analisisnews.com/Junaidi. Salah seorang dari komunitas PUSPA sedang memberikan bingkisan kepada seorang anak dalam rangka memperingati hari Difabel Internasional. Kamis (03/12/2020).
Analisisnews.com/Junaidi. Salah seorang dari komunitas PUSPA sedang memberikan bingkisan kepada seorang anak dalam rangka memperingati hari Difabel Internasional. Kamis (03/12/2020).

Suka Makmue – Forum partisipasi masyarakat untuk pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak (PUSPA) Cut Nyak Dhien Nagan Raya, peringati hari disabilitas internasional santuni  disabilitas, Kamis (03/12/2020).

Kegiatan hari disabilitas internasional ini bertujuan untuk memberikan dukungan dan perhatian kepada perlindungan dan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas.

Serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Ketua umum PUSPA Nagan Raya, Fitri Muliati, S.Ag menuturkan, kegiatan tersebut murni dilakukan untuk berkunjung dan meringankan beban dari pada penyandang disabilitas.

“PUSPA juga memberikan santunan bantuan sembako, berupa makanan penambah gizi, suplemen vitamin dan juga membagikan masker bagi disabilitas sebanyak 20 Paket,” kata  Fitri.

Sementara itu, Murni menambahkan, kegiatan sosial ini juga dilaksanakan secara langsung dengan sistem jemput bola mendatangi rumah warga penerima bantuan tersebut. 

“Mengingat adanya anjuran dari Pemerintah untuk social distancing, maka penyaluran bantuan tidak dilaksanakan dengan cara mengumpulkan di satu area, tapi penyaluran dilakukan dengan mendatangi kediaman Penyandang Disabilitas,” cetus Murni kepada analisisnews.com.

Penyerahan santunan diberikan kepada anak-anak penyandang disabilitas yang tersebar di beberapa desa di kabupaten Nagan Raya. Pemberian santunan tersebut berasal dari kerja sama dengan PUSPA Aceh Keumalahayati. 

Mereka berharap, dengan adanya kegiatan ini bisa  meningkatkan kesadaran dan kepedulian berbagai pihak terhadap ragam persoalan penyandang disabilitas dan sebagai bagian memperjuangkan tuntutan perlindungan dan pemenuhan hak sahabat disabilitas.

Tidak hanya itu, mereka juga berharap dan mengajak pemangku jabatan dan masyarakat Nagan Raya untuk bersama-sama mewujudkan kesejahteraan dan kesetaraan bagi penyandang disabilitas di Nagan Raya untuk mendapatkan hak dan kesejahteraan para penyandang disabilitas.

“Semoga penyandang disabilitas nantinya bisa mendapatkan akses lebih besar dalam berbagai kesempatan. Baik dan pendidikan, ketrampilan dan kegiatan lainnya,” turup ketua PUSPA Nagan Raya yang akrap disapa Kak Fitri ini.

Sebagaimana kita ketahui, hari Difabel Internasional adalah peringatan internasional yang didorong Perserikatan Bangsa-Bangsa sejak tahun 1992 dan diperingati setiap tanggal 3 Desember. (Alja/Jun).