Pengurus BKM Masjid Agung Abdya Dikukuhkan

Pengurus BKM Masjid Agung Abdya Dikukuhkan
Foto: analisisnews.com/agus PENGURUS BKM: Bupati Abdya, Akmal Ibrahim didampingi unsur Forkompinkab foto bersama usai acara pelantikan pengurus BKM Masjid Agung Baitul Ghafur Abdya di Blangpidie, Jumat (11/12/2020).

BLANGPIDIE – Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), Akmal Ibrahim, Jumat (11/12/2020) secara resmi melantik pengurus Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Agung Baitul Ghafur di Desa Seunaloh, Kecamatan Blangpidie, kabupaten setempat. Prosesi pelantikan itu, turut dihadiri Ketua DPRK Abdya Nurdianto, Sekda Abdya Drs Thamrin, Ketua MPU Abdya Tgk M Dahlan, Imam Besar Masjid Agung Tgk H Abdurrahman Badar, Wakapolres Abdya Kompol Zainuddin, mewakili Dandim, Kajari, para Asisten, Staf Ahli, Kepala SKPK dan para pengurus BKM serta remaja masjid.

Bupati Abdya Akmal Ibrahim usai melantik pengurus BKM dimaksud mengaku sangat bahagia karena pengelolaan masjid akan lebih terarah dengan adanya BKM dan remaja masjid. Menurutnya, peran BKM sangat penting demi memakmurkan masjid serta berjalannya aktivitas keagamaan dan kegiatan lainnya dalam masjid. 

Dia meminta kepada para pengurus agar dapat mendiskusikan bagaimana pengelolaan masjid yang benar sebagaimana diterapkan pada masa Nabi Muhammad SAW. Silahkan lihat bagaimana pengurus BKM masjid-masjid yang lain yang telah sukses memakmurkan masjid dengan berbagai kegiatan. 

“Cita-cita saya membangun masjid yang didalamnya tidak ada pertikaian, masjid untuk semua orang Islam tanpa memandang dia dari golongan manapun. Intinya masjid ini sebagai tempat pemersatu bagi semua ummat Islam. Semua hal yang baik itu harus dimulai dari masjid, maka dari itu sangat penting upaya memakmurkan masjid terlebih hal ini telah diatur dalam agama,” paparnya.

Masjid tempat beribadah, tempat bermusyawarah dan kegiatan lainnya, tapi bukan tempat berselisih paham dan pendapat mengenai khilafiyah. Masjid ini terbuka bagi semua ummat Islam yang seaqidah dengan berpedoman pada Alquran dan sunnah. 

Disamping itu, Bupati Akmal juga telah menempatkan beberapa instansi yang berhubungan dengan keagamaan untuk berkantor di kompleks Masjid Agung. Sebab, selain tempat beribadah, masjid juga bisa digunakan untuk kegiatan kebaikan lainnya termasuk mengadakan musyawarah demi tercapainya sebuah kesepakatan bersama.

Bahkan ajaran Islam mengajarkan bahwa beribadah itu bukan hanya hubungan dengan Allah saja, akan tetapi juga harus diimbangi hubungan dengan manusia.

Dia berharap kepada seluruh pengurus baik itu BKM maupun remaja masjid agar bekerja dengan sungguh-sungguh sesuai dengan bidangnya masing-masing. Bekerja samalah demi kebaikan dan hilangkan jiwa bermalas-malasan. Karena agama Islam tidak suka bagi mereka yang pemalas dan tidak mau berusaha.

Beradasrkan surat keputusan pengurus BKM dengan nomor 461 tahun 2020 tanggal 15 Juli 2020 ditandatangani langsung oleh Bupati Abdya Akmal Ibrahim sekaligus sebagai Ketua Penasehat, Salman Alfarisi ST ditunjuk sebagai Ketua BKM dan Wakil Ketua Bidang Idarah Ikhwan Alian SAg, Wakil Ketua Bidang Imarah H Husaini Haji SPd dan Wakil Ketua Bidang Riayah Roni Guswandi SPi. Disamping itu juga ada bidang-bidang lainnya yang akan mendukung kegiatan BKM. (ag)