Kodim 0110/Abdya Gelar Latihan Penangulangan Bencana Alam

Kodim 0110 Abdya Gelar Latihan Penangulangan Bencana Alam
Foto: analisisnews.com/agus LATIHAN: Personel TNI jajaran Kodim 0110/Abdya dan unsur terkait lainnya mengikuti latihan penanggulangan bencana alam yang dibuka di halaman kantor Bupati Abdya, Senin (14/12/2020).

BLANGPIDIE-Jajaran Kodim 0110/Aceh Barat Daya (Abdya), Senin (14/12/2020) menggelar latihan penanggulangan bencana alam yang dibuka secara resmi dalam apel di halaman kantor Bupati Abdya. Latihan dimaksud dilakukan untuk mensimulasikan terjadinya bencana alam tsunami di Provinsi Aceh khususnya di Abdya.

Dandim 0110/Abdya, Letkol Inf Arip Subagiyo mengatakan, kegiatan tersebut akan dilaksanakan selama 4 hari  mulai tanggal 14-17 Desember 2020. Dimulai dari tahap briefing hingga praktik langsung di lapangan yang berlokasi di Desa Masjid Kecamatan Tangan- Tangan.

“Sehingga Kodim 0110/Abdya sesuai tupoksinya memberikan perbantuan penanggulangan bencana alam kepada pemerintah daerah,” paparnya.

Selain itu, dalam latihan tersebut melibatkan hampir seluruh unsur perbantuan baik, TNI, Polri, BPBK, SAR, RAPI, tenaga kesehatan, pengawalan, dapur umum hingga bantuan teknik maupun unsur evakuasi. Dalam latihan ini akan disimulasikan berbagai perkembangan situasi yang terjadi di lapangan juga peranan posko dalam mengatur dan memobilisasi pergerakan tim evakuasi hingga managemen penanganan pengungsi.

Latihan tersebut rutin dilaksanakan untuk melatih kemahiran para personel sehingga mereka senantiasa siap dalam menghadapi setiap perkembangan situasi yang terjadi seperti bencana alam yang akhir-akhir ini kerap terjadi. Selain itu unsur posko sebagai pengendali dan unsur SAR selaku pengevakuasi dapat sinkron serta mengetahui tugas pokok serta fungsi masing-masing.  Selama latihan berlangsung, Dandim mengimbau para peserta untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, dan selalu menjaga kebersihan baik di lingkungan kerja, keluarga maupun di lingkungan masyarakat.

“Tetap menggunakan masker , jaga jarak dan mencuci tangan setiap saat. Intinya harus tetap selalu waspada dengan segala kondisi yang dihadapi,” pungkasnya.(ag)