Produk UMKM Abdya Siap Dipasarkan Secara Online di Tokopika

Produk UMKM Abdya Siap Dipasarkan Secara Online di Tokopika
Foto: analisisnews.com/agus PERESMIAN TOKOPIKA: Bupati Abdya Akmal Ibrahim (tiga dari kiri) didampingi unsur Forkompinkab lainnya memukul Rapai sebagai tanda diresmikannya aplikasi Tokopika di aula Bappeda Abdya, Senin (14/12/2020)

BLANGPIDIE – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mulai memasarkan produk-produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) secara online melalui aplikasi Toko Online Pusat Informasi Kreatif Abdya (Tokopika). Penjualan secara online produk dari Abdya itu untuk memperlancar pemasaran produk lokal yang nantinya bisa menjadi daya tarik tersediri bagi para konsumen.

Bupati Abdya Akmal Ibrahim saat membuka secara resmi pemasaran produk UMKM secara online di aula Bappeda Abdya, Senin (14/12/2020) mengatakan,  Tokopika sebenarnya ide dari Bupati Akmal sendiri untuk memaksimalkan pemasaran produk-produk UMKM asal Abdya secara luas dan lebih muda dikenal.  Akan hal itu para pengusaha UMKM diharapkan bisa memasarkan produk-produk usahanya, sehingga dikenal secara luas diseluruh penjuru Indonesia.

Diakui bahwa, pemanfaatan Tokopika tersebut tidak sebatas untuk memasarkan produk UMKM di Kabupaten Abdya saja, melainkan produk UMKM seluruh Indonesia juga bisa dipasarkan dalam aplikasi itu. Karena akan terkoneksi di seluruh Indonesia, seperti halnya toko-toko online lain yang telah lebih dulu bergerak.

Selain itu, Kabupaten Abdya juga didukung oleh produktivitas yang unggul disektor pertanian sama halnya dengan daerah lain. Karena keterbatasan penggunaan informasi tekhnologi, sehingga produk yang dipasarkan menjadi kurang peminat. Dia berharap, kehadiran Tokopika di Abdya,  bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh para pelaku UMKM untuk memasarkan produk usahanya secara luas dan lebih terkenal tingkat nasional.  Daerah lain mungkin saja memiliki pesawat terbang untuk memasarkan produk-pruduk andalannya, tapi Abdya juga bisa mengudara dengan Tokopika yang akan memperlancar pemasaran produk andalan.

“Abdya sudah memiliki  toko online yang mudah di akses bagi seluruh masyarakat Indonesia, khususnya Abdya. Jadi tidak perlu lagi harus ke mall, swalayan dan sebagainya, cukup santai di rumah saja, kebutuhan yang diinginkan siap diantar,” tandasnya.

Amatan wartawan, selain dihadiri Bupati Akmal Ibrahim, acara tersebut turut dihadiri Wakil Ketua DPRK Abdya Hendra Fadhli, Wakapolres Abdya Kompol Zainuddin, mewakili Dandim dan Kajari Abdya, Ketua MPU Abdya Tgk M Dahlan, dan para pelaku UMKM yang berada di kabupaten setempat. Prosesi pembukaan Tokopika itu ditandai dengan pemukulan rapai oleh Bupati Akmal dan unsur Forkompinkab lainnya. (ag)