CPNS Abdya Formasi 2019 Terima SK Pengangkatan

CPNS Abdya Formasi 2019 Terima SK Pengangkatan
Foto: analisisnews.com/agus PENYERAHAN SK: Bupati Abdya, Akmal Ibrahim menyerahkan SK pengangkatan PNS yang baru lulus di halaman pendopo bupati setempat, Selasa (22/12/2020).

BLANGPIDIE-Sebanyak 133 calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkup Pemerintahan Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) formasi 2019, Selasa (22/12/2020) menerima surat keputusan (SK) pengangkatan PNS sebagai langkah awal dalam melaksanakan tugas seorang abdi negara di tempat yang mereka pilih saat pendaftaran. Penyerahan petikan SK CPNS tersebut diserahkan langsung Bupati Abdya, Akmal Ibrahim secara simbolis di halaman pendopo bupati setempat yang disaksikan unsur forum komunikasi pimpinan kabupaten (Forkompimkab), Sekda Abdya, para asisten, staf ahli, kepala SKPK serta unsur terkait lainnya.

Bupati Abdya, Akmal Ibrahim dalam kesempatan itu mengucapkan selamat kepada 133 CPNS yang telah dinyatakan lulus dan berhak menyandang profesi baru sebagai abdi negara yang dibuktikan dengan penyerahan SK dimaksud. Tidak hanya memberikan ucapan selamat, bupati Akmal juga mengingatkan PNS yang baru lulus harus berjiwa besar, jangan merasa angkuh, jangan merasa hebat dan tetap bekerja sesuai dengan tupoksi masing-masing. Sebelum menjalankan tugas, PNS yang baru ini tentunya telah disumpah serta berkewajiban menjalankan tanggungjawab masing-masing.

“Kalau ada contoh yang buruk dari para senior di lingkup saudara-sudara bertugas harap jangan ditiru, namun jika ada contoh yang baik, maka ikutilah. Setiap orang itu pasti berbeda cara pikirnya, jadi jangan suka ikut-ikutan dan yang paling penting jangan mengambil kredit,” imbuhnya.

Dikatakan, pengangkatan PNS merupakan suatu kebijakan pemerintah dalam rangka memenuhi kebutuhan SDM. Dengan telah diangkatnya 133 CPNS sekalian menjadi PNS, berarti mereka telah resmi untuk mendharmabaktikan seluruh tenaga dan pikiran dalam mengemban amanah melayani masyarakat. CPNS yang telah resmi diangkat menjadi PNS diharapkan dapat mematuhi ketentuan-ketentuan yang berlaku, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sebagai seorang aparatur sipil negara serta menunjukan dedikasinya dalam bekerja. Peningkatan profesionalisme dapat dilakukan dengan cara yang sederhana, seperti bersosialisasi dan konsultasi kepada para senior ataupun rekan kerja yang lain.

“Yang lebih pintar di luar sana banyak, namun Allah memantaskan saudara-saudara untuk lulus dan menjadi yang terbaik. Maka dari itu syukuri dan jalankan tugas serta tanggung jawab secara profesional, baik dalam mengabdikan diri kepada negara maupun melayani masyarakat,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian, Pelatihan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), drh Hj Cut Hasnah Nur menyebutkan, 133 CPNS yang menerima SK pengankatan menjadi PNS itu merupakan hasil seleksi CPNS melalui sistem komputer atau computer assited test yang berlangsung pada 2019 lalu.

Sebelumnya yang mandaftar seleksi CPNS formasi 2019 di Abdya dan mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD) mencapai 4.179 peserta dan lulus sebanyak 327 peserta. Kemudian mereka mengikuti seleksi kompetensi bidang (SKB) dan dinyatakan lulus sebanyak 133 orang dengan rincian tenaga guru sebanyak 71 orang, tenaga kesehatan 32 orang dan tenaga teknis 30 orang.

Lebih lanjut dikatakan, penyerahan SK CPNS formasi 2019 itu bertujuan untuk mereka dapat segera melaksanakan tugas sebagai abdi negara. Kemudian, pihaknya menekankan kepada para PNS yang baru lulus untuk tetap mengabdi di Abdya. Hal itu juga telah dikuatkan dengan adanya surat pernyataan untuk bersedia tidak pindah ke daerah lain selama 10 tahun.

“Pesan kami bekerjalah dengan ikhlas dan utamakan kedisiplinan dalam bekerja. Jadilah PNS yang memberikan konstribusi untuk terwujudnya kelancaran pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan layanan kepada masyarakat,” tutupnya.(ag)