KSM Bineh Rimba Gandeng Komunitas Tanam Pohon Buah

KSM Bineh Rimba Gandeng Komunitas Tanam Pohon Buah
KSM Bineh Rimba Gandeng Komunitas Tanam Pohon Buah

BLANGPIDIE-Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Bineh Rimba, Kecamatan Manggeng, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) bersama sejumlah komunitas pesepeda, mahasiswa dan pelajar menggalakan aksi menjaga ekosistem hutan dengan malakukan penanaman berbagai jenis pohon buah di tebing penyangga kaki Gunung Leuser dan sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Krueng Manggeng.

Ketua KSM Bineh Rimba, Devi Zulrafli Senin (28/12/2020) mengatakan, bahwa kegiatan menjaga ekosistem hutan itu berlangsung pada Minggu (27/12/2020) di Dusun Lhok Batee Intan, Desa Padang, Kecamatan Manggeng, dengan melibatkan beberapa komunitas peduli lingkungan lainnya di Manggeng dan Lembah Sabil. Pohon buah ini sengaja dipilih untuk menjaga simbiosis mutualisme dalam ekosistem hutan. Dimana, upaya itu dilakukan untuk menjaga keseimbangan antara tanaman dengan makhluk hidup yang berada di dalam hutan. Dengan tanaman buah, setiap makluk hidup di dalam hutan tersebut bisa mendapat persediaan makanan. Sehingga keseimbangan ekosistem tetap terjaga.

“Maka dari itu, kami mengajak beberapa komunitas untuk ikut terlibat dalam kegiatan ini,” ujarnya.

Ditambahkan, jika ekosistem dalam hutan seimbang, maka hewan seperti kera dan binatang pengerat lainnya tidak akan mengganggu tanaman dan kebun masyarakat lagi.  Mengapa saat ini banyak tanaman warga diganggu oleh kera dan hewan lainnya, hal itu dikarenakan tanaman yang biasa menjadi sumber makanan mereka di hutan telah punah. Disamping itu, tanaman buah ini juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Sehingga, diharapkan ada multiplier effect terhadap pemberdayaan ekonomi. Manfaat lain, pohon tersebut dapat menyelamatkan sumber mata air dan menghindari erosi di sepanjang Krueng Manggeng.

Dia berharap dengan penanaman pohon buah tersebut, dapat menjaga kelestarian salah satu gunung yang juga menjadi paru-paru dunia. Disebutkan, ada delapan jenis pohon buah yang ditanam bersama para komunitas millenial itu. Diantaranya, alpukat, mangga, jengkol, jambu madu dan petai. Selain itu juga ada tanaman pohon seperti ketapang dan pucuk merah. Tanaman ini berasal dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Aceh.

Amatan wartawan, selain KSM Bineh Rimba, kegiatan tanam pohon ini juga diramaikan oleh Komunitas Ontel Oe Na Manggeng Raya, Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Manggeng (IPMM) dan Komunitas Cut Nyak Dhien. Sebagaimana diketahui, KSM Bineh Rimba ini juga sudah pernah mendapatkan penghargaan dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI sebagai peraih kategori utama dalam Program Kampung Iklim (Proklim) Tahun 2020. (ag)