Personel TNI di Abdya Bantu Petani Pantau Perkembangan Padi

Personel TNI di Abdya Bantu Petani Pantau Perkembangan Padi
Foto: analisisnews.com/agus BANTU PETANI: Personel TNI Koramil 03/Jeumpa dijajaran Kodim 0110/Abdya membantu petani memantau perkembangan tanaman padi di wilayah Kecamatan Jeumpa kabupaten setempat, Selasa (29/12/2020).

BLANGPIDIE-Personel TNI Koramil 03/Jeumpa dijajaran Kodim 0110/Aceh Barat Daya (Abdya) terus bergerak membantu petani guna memantau perkembangan tanaman padi di wilayah Kecamatan Jeumpa kabupaten setempat.

Babinsa Koramil 03/Jeumpa Koptu Rudi Harman kepada wartawan, Selasa (29/12/2020) di areal persawahan Desa Kuta Jeumpa Kecamatan Jeumpa saat mendampingi petani setempat mengatakan, kegiatan pendampingan yang dilakukan pihaknya semata-mata karena merupakan tugas pokok dan Upsus pertanian. Diaman peran Babinsa sebagai motivator agar para petani terus bersemangat dalam merawat tanamannya.

“Pendampingan ini dalam upaya ketahanan pangan dengan terus memantau perkembangan tanaman padi. Kali ini kami bersama para petani kelompok tani Jeumpa Jaya, apa saja yang menjadi keluhan akan kami tampung kemudian kami sampaikan ke isntansi terkait,” paparnya.

Ditambahkan, salah satu manfaat dari pemantauan lahan sawah secara rutin adalah untuk memantau fase pertumbuhan tanaman padi, sehingga setiap ada perubahan dan gangguan di tanaman padi, bisa segera ditanggulangi guna mendapatkan hasil yang maksimal. Sejauh ini, para Babinsa akan terus mendampingi petani untuk mengawal sampai tiba musim panen sehingga program pemerintah terkait swasembada pangan akan tercapai, meski sampai saat ini target tersebut belum seratus persen selesai. Pihaknya termasuk petugas penyuluh dan instansi terkait akan terus melakukan peninjauan di lahan persawahan masyarakat yang ada di Kecamatan Jeumpa juga di kawasan lain.

“Apa yang menjadi kendala petani akan dicarikan solusinya. Terpenting tetap berusaha semaksimal mungkin agar target peningkatan hasil produksi gabah tercapai hendaknya,” pungkasnya.(ag)