Kodim Abdya Periksa Kelayakan Kendaraan Dinas

Kodim Abdya Periksa Kelayakan Kendaraan Dinas
Foto: analisisnews.com/agus PEMERIKSAAN KENDARAAN: Sejumlah kendaraan dinas milik Kodim 0110/Abdya diperiksa kelengkapan dan kelayakan secara berkala untuk mengetahui kondisi serta kesiapan kendaraan dinas yang digunakan, Rabu (30/12/2020).

BLANGPIDIE-Kodim 0110/Aceh Barat Daya (Abdya), Rabu (30/12/2020) melakukan pemeriksaan kelengkapan dan kelayakan kendaraan dinas dijajarannya. Semua kendaraan dinas untuk operasional yang dimiliki Kodim Abdya harus selalu siap siaga untuk operasional di lapangan yaitu dengan melakukan perawatan secara benar agar kendaraan tetap dalam kondisi baik dan layak.

Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Arip Subagiyo melalui Plh Pasiter Kapten Inf Mohd Arifin mengatakan, pemeriksanaan kendaraan dinas tersebut bertujuan untuk mengetahui kondisi dan kesiapan kendaraan dinas yang digunakan dalam rangka mendukung operasional tugas sehari-hari di lapangan.

Pemeriksaan ini sebagai salah satu cara untuk memastikan kendaraan dinas yang akan digunakan dalam mendukung operasional tugas sehari-hari selalu dalam kondisi baik dan siap digunakan kapan saja. Pemeriksaan dimulai dari pemeriksaan kondisi kendaraan hingga kelengkapan surat-surat kendaraan meliputi STNK, SIM TNI, KTA, spion, lampu, plat nomor kendaraan, nomor rangka mesin, lampu sen, helm standart  TNI AD dan kelengkapan lainnya.

Apabila ada kendaraanan yang tidak lengkap dan tidak layak jalan,maka akan didata dan secepatnya diperintahkan segera melengkapinya. Kegiatan ini bersifat pembinaan yang bertujuan agar anggota jajaran Kodim 0110/Abdya mengerti tentang tertib dalam berlalu lintas di jalan raya. Sebagai aparat, TNI harus dapat memberikan contoh kepada masyarakat, salah satunya mematuhi rambu-rambu lalulintas saat berkendara, kelengkapan surat-surat dan melengkapi kendaraan dengan kelengkapan pendukung lainnya.

Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengecek dan memeriksa secara berkala terhadap kondisi kendaraan dinas secara fisik termasuk surat-surat kelengkapannya. Bagi seluruh prajurit Kodim 0110/Abdya yang memiliki tanggungjawab sebagai pemegang motor dan mobil dinas, harus selalu menjaga dan tetap merawat kendaraan dengan baik,” ujarnya.

Amatan wartawan, pemeriksaan kendaraan tersebut dilakukan setelah pelaksanaan apel pemeriksaan kendaraan dinas yang bertempat Makodim setempat. Pemeriksaan kendaraan dinas tersebut dilakukan oleh tim pemeriksa yang terdiri dari staf intel, staf logistik, provoost dan staf  unit intel.(ag)