Pemkab Aceh Besar Pertunjukkan Mesin Menanam Padi kepada Petani

KOTA JANTHO – Pemerintah Kabupaten Aceh Besar melalui Dinas Pertanian setempat, mempertunjukkan salah satu Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) menanam padi di Gampong Bueng Tujoh, akecamatan Montasik Aceh Besar, Rabu (30/12/2020). Para petani turut menyaksikan pengoperasian mesin dimaksud.

Mesin tersebut merupakan program pemerintah di bidang irigasi yang bertujuan untuk mencapai keberlanjutan sistem irigasi, baik sistem irigasi kewenangan pusat, kewenangan provinsi maupun kewenangan kabupaten atau disebut Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Program (IPDMIP).

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Besar, Jafar, mengatakan program tersebut dilaksanakan sudah beberapa tahun, hanya saja terkendala teknis sehingga di Aceh Besar dilaksanakan tahun 2020. Di Aceh terdapat 4 kabupaten dan salah satunya Aceh Besar. “Pada tahun 2021 kita akan melaksanakan seluruhnya. Mudah-mudahan kegiatan seperti ini bisa lancar,” katanya.

Selain itu, dia menyampaikan bahwa program ini mendapat dukungan dari berbagai elemen termasuk DPRK. Gampong Bueng Tujoh terpilih sebagai salah satu pilot projects dengan harapan bisa terus berkembang. “Harapan kita, utk peningkatan kesejahteraan petani. Tujuan pemerintah tidak lain mengurangi angka kemiskinan, mengurangi pengangguran, meningkatkan kesejahteraan. Ini adalah tujuan dinas pertanian Aceh Besar. Mudah-mudahan petani di Aceh Besar ini bisa sejahtera dengan meningkatkan hasil pertanian,” ujarnya.

Sementara, Ketua Komisi 2 DPRK Aceh Besar, Mursalin, SHI mengatakan, pohaknya meminta kepada dinas provinsi untuk memperbanyak program-program pertanian di Aceh Besar. “Aceh Besar merupakan produsen padi untuk Aceh Besar Banda Aceh dan Sabang. Kita berharap sangat kepada BPTP Aceh untuk melihat langsung kondisi Aceh Besar,” harapnya.

Mursalin mengatakan, diitengah pandemi Covid-19, Aceh Besar mampu bangkit di sektor pertanian dan hal ini merupakan usaha dari pemkab Aceh Besar yang patut diapresiasi. “DPRK Aceh besar selalu mendukung program-program pertanian. Mari bersemangat untuk bertani,” katanya.

Sementara itu, Asisten 2 Bidang Ekonomi dan Pembangunan, M Ali, S.Sos, M.Si mewakili Bupati Aceh Besar mengatakan, melalui program IPDMIP tersebut, demontrasi modernisasi alat pertanian, membantu para petani dalam meningkatkan pengetahuan yg lebih modern dalam meningkatkan hasil pertanian.

Modernisasi pertanian, katajya, mutlak harus dilakukan untuk menjadikan kabupaten Aceh Besar sebagai basis pertanian. Untuk itu, diperlukan pendampingan dan pengawalan dalam pemanfaatan, agar bantuan Alsintan tepat sasaran dan tepat tujuan. “Kita memanfaatkan dengan optimal maka akan mampu meningkatkan produksi padi,” katanya. (Barlian)