Lintas Organisasi di Pijay Edukasi Masyarakat di Daerah 3T

Lintas Organisasi di Pijay Edukasi Masyarakat di Daerah 3T
Lintas organisasi bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melaksanakan sosialisasi dan edukasi perubahan perilaku bagi masyarakat di daerah 3 T di Kabupaten Pidie Jaya (Pijay). Foto/ist

Meureudu – Lintas organisasi bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baru-baru ini, melaksanakan sosialisasi dan edukasi perubahan perilaku bagi masyarakat daerah terpencil, terdalam dan tertinggal (3 T) di Kabupaten Pidie Jaya (Pijay).

Sosialisasi tersebut digelar untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan (3M ), serta meningkatkan iman, aman, dan imun.

”Kegiatan ini, kita laksanakan sebagai wujud pengabdian kepada daerah 3T, dimana kita yang sudah memiliki wawasan dan pengetahuan mengenai covid-19, kita teruskan kepada masyarakat terutama tentang pentingnya menerapkan 3 M,” ujar Ketua Pelaksana Sosialisasi, Muhammad Al Kautsar kemarin.

Adapun desa yang mendapatkan sosialisasi dan edukasi dimaksud adalah Desa Lampoh Lada dan Desa Rumpuen, Kecamatan Meureudu, Desa Sarah Mane, Kecamatan Meurah Dua, Desa Tampui dan Desa Deah Teumanah Kecamatan Tringgadeng, Desa Alue sane dan Desa Kumba Kecamatan Bandar Dua, Desa Jiem – Jiem dan Desa Abah Lueng Kecamatan Bandar Baru.

Masyarakat desa tersebut sangat antusias melihat kedatangan tim satgas perubahan perilaku masyarakat, apalagi tim juga melakukan asessment untuk mengetahui seberapa jauh masyarakat hari ini menetahui tentang covid 19 dan 3 M.

Abu Bakar (54) Masyarakat Desa Tampui menunkapkan kehadiran lintas organisasi membuat masyarakat paham tentang pentingnya memakai masker, menjaga jarak, serta mencuci tangan.

“Sebelumnya kita tidak mengetahui se detail ini dan juga dengan adanya Asessment kami sebagai masyarakat tau akan sejauh mana hari ini pemahaman tentang covid 19,”sebutnya.

“Alhamdulillah kegiatan sukses terlaksana dengan maksimal, sinergitas dan kolaborasi antar tim sangat baik sehingga kita bisa saling membantu dalam memaparkan materi serta memberikan arahan kepada masyarakat,”tutup Kautsar.

Organisasi yang tergabung dalam sosialisasi tersebut adalah FOSKAPIJAY, KNPI, F-PRB, PMI, FORSMAB, RAPI, IKAN, GANN dan MRI, Selain itu ada juga Organisasi Mahasiswa Paguyuban yaitu IMPIJA, PEMAPIJAY, IPEMADU, IPELMAT, IPPMU dan KBPIJAY Yogyakarta. (kd)