Peringatan HAB ke 75 di Abdya Khidmat

Peringatan HAB di Abdya Khidmat
Foto: analisisnews.com/agus PENGHARGAAN: Kasubbag TU Kankemenag Abdya Khairul Huda SHI menyerahkan penghargaan kepasa PNS di lingkungan Kemenag setempat saat peringatan HAB ke-75 di MTsN 4 Abdya, Selasa (5/1/2021).

BLANGPIDIE-Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke 75 Kementerian Agama (Kemenag)  Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Selasa (5/1/2021) berlangsung khidmat. Puncak peringatan HAB itu, di dilaksanakan di tiga lokasi yakni di Kecamatan Blangpidie, Manggeng dan Kuala Batee.

Kepala Kankemenag Abdya, Drs. H. Salihin Mizal, melalui Kasubbag TU, Khairul Huda SHI mengatakan, berdasarkan surat edaran Kemenag RI, kegiatan peringatan HAB ke-75 Kemenag RI digelar dengan sederhana namun tetap dalam suasana khidmat bahkan selama peringatan berlangsung tetap mengedepankan penerapan protokol kesehatan Covid-19.

Upacara peringatan HAB tahun 2021 yang digelar di tiga lokasi itu untuk mengantisipasi kerumunan peserta apel. Dimasing-masing rayon, pesertanya tidak boleh lebih dari 100 orang. Selain melaksanakan upacara, pihaknya juga melaksanakan bakti sosial. Setiap madrasah menyediakan 10 paket sembako, dan di KUA sebanyak 5 paket yang bersumber dari swadaya pegawai Kemenag yang ada di Abdya.

“Kemenag Abdya juga telah menyalurkan paket sembako bantuan untuk korban banjir yang terjadi di Kabupaten Aceh Utara dan Kabupaten Aceh Timur,” ujarnya.

Ditambahkan, terkait semangat Kementerian Agama dan semangat baru dalam mengelola Kementerian Agama, menurut Menteri Yaqut Cholil dapat diterjemahkan dengan beberapa sisi. Pertama, manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi yang harus semakin baik, termasuk di dalamnya pelayanan penyelenggaraan haji dan umrah, pendidikan agama dan keagamaan, serta pusat pelayanan keagamaan.

Kedua, tambahnya, penguatan moderasi beragama. Salah satu penekanan moderasi beragama adalah pada penguatan literasi keagamaan, budaya toleransi, dan nilai-nilai kebangsaan. Kemudian, sambungannya, dipoin ketiga adalah persaudaraan, yang meliputi merawat persaudaraan umat seagama, memelihara persaudaraan sebangsa dan setanah air dan mengembangkan persaudaraan kemanusiaan.

Pada peringatan HAB tahun 2021 ini, pihaknya juga menyerahkan piagam penghargaan Satyalancana kepada PNS masa kerja 20 dan 10 tahun, serta penyerahan penghargaan kepada purnabakti PNS di lingkungan Kankemenag Abdya. Pihaknya tetap mendukung program pemerintah daerah di bidang keagamaan dan siap menjadi pelopor agar berkembangnya budaya yang agamis di kabupaten tersebut. Dia juga berharap kepada seluruh jajarannya untuk terus mematangkan dan meningkatkan kualitas pelayanan diberbagai bidang seperti pendidikan,bidang keagamaan bagi masyarakat, bidang penyuluhan agama dan pengawasan bagi guru di tingkat sekolah maupun madrasah.

“Kami menghimbau agar masyarakat dan pegawai Kemenag untuk mengikuti prokes 3M, gunakan masker, jaga jarak dan cuci tangan dengan sabun agar kita semua terhindar dari ancaman virus tersebut,” imbuhnya.(ag)