Puskesmas Tangan-Tangan Mulai Layani Rawat Inap

  • Whatsapp
Puskesmas Tangan-Tangan Mulai Layani Rawat Inap
Foto: analisisnews.com/agus APEL PAGI: Kadinkes Abdya, Safliati SST MKes saat menjadi pimpinan apel pagi di depan ruang rawat inap Puskesmas Tangan-Tangan, Abdya, Senin (11/1/2021)

BLANGPIDIE-Puskesmas Tangan-Tangan yang berada di Desa Ie Lhop, Kecamatan Tangan-Tangan, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) secara resmi berubah status menjadi Puskesmas rawat inap. Status rawat inap itu sama dengan empat Puskesmas lainnya yang ada di kabupaten setempat.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Abdya Safliati SST Mkes, Senin (11/1/2021) mengatakan, awalnya Puskesmas yang melayani seluruh penduduk Kecamatan Tangan-Tangan itu, hanya berstatus sebagai Puskesmas rawat jalan saja. Setelah memenuhi syarat, Puskesmas tersebut naik status menjadi rawat inap.

Menurutnya, sudah sepatutnya Puskesmas iti menjadi rawat inap. Dimana, beberapa fasilitas seperti bangunan, ruangan dan juga sarana lainnya sudah memadai serta layak.  Bahkan saat ini, para petugas kesehatan di Puskesmas Tangan-Tangan sedang mempersiapkan segala adminitrasi untuk beroperasinya pelayanan rawat inap tersebut.  Dengan bertambahnya Puskesmas Tangan-Tangan ini sebagai rawat inap, jumlah Puskesmas rawat inap di Abdya menjadi lima, termasuk diantaranya Puskesmas Manggeng, Puskesmas Blangpidie, Puskesmas Kuala Batee dan Puskesmas Ie Merah Babahrot. Sedangkan delapan Puskesmas lainnya, masih berstatus rawat jalan.

Untuk menjadi puskesmas rawat inap itu, harus memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku termasuk nilai akreditas dari Dinas Kesehatan provinsi. Kemudian juga mesti didukunng dengan fasilitas penunjang lainnya juga. Sebagai pelayanan publik dibidang kesehatan, dia mengingatkan, agar petugas kesehatan dapat memberikan pelayanan yang baik kepada para pasien. Bangun komunikasi dengan mereka, sehingga masyarakat akan merasa puas dengan pelayanan itu sendiri.

“Bukan hanya obat saja yang dapat menyembuhkan pasien, akan tetapi, ramah tamah, murah senyum dan pelayanan yang baik mampu juga mengobati rasa sakit bagi pasien. Karenanya kami ingatkan tetap utamakan pelayanan kepada masyarakat,” pungkasnya. (ag)

Pos terkait