Bupati Aceh Besar Resmikan BUMG Glee Geunteng di Rima Keuneurum

Bupati Aceh Besar Resmikan BUMG Glee Geunteng di Rima Keuneurum
Bupati Aceh Besar Ir H Mawardi Ali didampingi ketua BUMG Glee Geunteng, Sarwoko dan sejumlah unsur terkait, memotong kue sebagai tanda peresmian BUMG di Gampong tersebut, Selasa (13/1/2021)

KOTA JANTHO – Bupati Aceh Besar, Ir. H Mawardi Ali meresmikan Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) Glee Geunteng di Gampong Rima Keuneurum kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar, Selasa (12/1/2021). BUMG yang bergerak di bidang pabrik kue dan roti itu, sudah memasarkan produknya sampai ke luar daerah, seperti Banda Aceh, Aceh Jaya dan lainnya.

Bupati Aceh Besar Ir H Mawardi Ali mengatakan setiap tahun Pemkab Aceh Besar berkomitmen penuh untuk membina dan memberdayakan UMKM di tingkat Gampong, supaya dana desa di Aceh Besar bisa terealisasi dengan baik dan bermanfaat.

“Tahun 2020 dan 2021, kita Aceh Besar bahwa di desa itu harus diperoritaskan pemberdayaan ekonomi. Ada ekonomi yang ‘sakit’ karena Covid-19, maka harus disembuhkan melalui pemberdayaan ekonominya,” katahya.

Sebab, kata Bupati, ekonomi ini merupakan sesatu yang penting disamping menangani kesehatan akibat Covid-19. “Dana desa sangat penting, bukan saja membangun infrastruktur fisik misalnya bangun Gapura. Jadi dimana-mana bangun Gapura dan kitabhanya bisa melihat-lihat saja bentuk gapuranya. Saya tegaskan tahun ini jangan dibangun lagi Gapura dari dana desa,” tegasnya.

Lebih lanjut, Bupati mengatakan, membangun Infrastruktur fisik merupakan hal yang bisa dilakukan. Namun, ada hal pentibtg yang harus diperhatikan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat yaitu pembangunan ekonomi. “Membangun ekonomi, pendidikan, kesehatan kadang-kadang tidak nampak, tetapi sesungguhnya pembangunan itulah yang meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Untuk pembangunan fisik, kata Bupati, diperoritaskan pembangunan fisiknya g bersentuhan langsung dengan masyarakat seperti pmbangunan jalan di sentra produksi masyarakat. Lebih lanjut Bupati memberi apresiasi kepada Gampong Rima Keuneurum yang telah bekerja keras membangun BUMG nya. “Saya akan keliling nantinya di desa-desa untuk memberikan semangat membangun BUMG nya,” katanya.

Dikatakannya, banyak usaha yang bisa dikembangkan di gampong-gampong. Daripada banyak membuang waktu di warung untuk bermain game, kata Bupati, lebih baik membangun usaha. “Banyak pemuda-pemuda main game seperti domino, bahkan ada pejabat main game. Itu tidak boleh, karena juga termasuk judi,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua BUMG Sarwoko mengatakan, pihaknya akan bekerja keras untuk menjadikan pabrik BUMG yang dipimpinnya menjadi pabrik berskala besar.
“Terima kasih bapak Bupati. Ini sejarah di Gampong kami pak, Baru kali ini pak Bupati dan bapak-bapak sekalian datang ke Gampong kami untuk meresmikan BUMG.
Ini merupakan apresiasi bagi kami,” katanya.

Sarwoko menjelaskan, BUMG tersebut dibernama yakni Glee Geunteng Beu Meusahoe. Dalam setahun ini, terdapat 3 kegiatan yang telah dilaksanakan yakni pengelolaan sampah Gampong, les bagi siswa tingkat sekolah dasar dimasa pandemi dan usaha pabrik kue yang baru saja diresmikan itu.

“Kegiatan kami ada 3 program dan semuanya prioritas. Dalam peraturan yang bapak terbitkan ada kaitannya dengan bagaimana mengelola sampah dengan baik dan di Gampong Rima Keuneurum, sampah sudah terkelola dengan baik,” katanya.

Selanjutnya, terkait les bagi siswa juga dilakukan secara gratis dimasa pandemi Covid-19. “Kami ingin terus belajar dan bagaimana siswa tetap belajar meskipun masa pandemi. Sebab siswa tingkat sekolah dasar belum mampu sepenuhnya belajar daring. Sehingga kami programkan les gratis,” katanya.

Selanjutnya, untuk usaha pabrik kue dan roti, kata Sarwoko, dimanfaatkan sebuah gedung yang sudah 15 tahun tidak digunakan. Sehingga digunakan untuk tempat pabrik.
“Mudah-mudahan lebih baik kedepan, mohon do’anya. Karena cita-cita kami, ingin menjadikan pabriknini berskala besar,” ujarnya.

Sementara, geuchik Gampong Rima Keuneurom, M Yusuf Gulo, juga mengungkapkan hal serupa. Pihaknya berterima kasih kepada Bupati Aceh Besar yang bersedia meresmikan BUMG Glee Geunteng Beu Meusahoe. Disamping itu, dia berharap Bupati terus memperhatikan Gampong Rima Keuneurum dalam segala sektor.

“Dalam kesempatan ini saya sampaikan bahwa di desa Rima Keuneurum ini masih dibawah garis kemiskinan. Sekarang kami buka lapangan kerja,” kata Geuchik, seraya mengungkapkan bahwa di Gampong yang dipimpinnya itu juga banyak pengangguran.

Disisi lain, dia berharap kepada pemerintah kabupaten Aceh Besar untuk memperhatikan akses jalan dan memberi solusi terhadap ancaman banjir yang sering melanda sejumlah kawasan di Gampong itu. (Barlian)