TNI Keliling Kampung Ingatkan Masyarakat Patuhi Prokes Covid-19

TNI Keliling Kampung Ingatkan Masyarakat Patuhi Prokes Covid-19
Foto: analisisnews.com/agus INGATKAN WARGA: Personel TNI Koramil 01/Blangpidie Kodim 0110/Abdya berkeliling kampung mengingatkan warga untuk mematuhi aturan Prokes Covid-19, Rabu (13/1/2021).

BLANGPIDIE-Personel TNI Koramil 01/Blangpidie Kodim 0110/Aceh Barat Daya (Abdya) terus mengingatkan masyarakat untuk tetap menerapkan aturan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19. Saat berkeliling kampung, pihaknya tidak jarang menegur masyarakat yang kedapatan tidak mematuhi Prokes seperti tidak mengenakan masker serta tidak menjaga jarak.

Sertu Jhoni Warman kepada wartawan, Rabu (13/1/2021) mengatakan, teguran kepada masyarakat yang kedapatan tidak mematuhi Prokes penanggulangan Covid-19 memang patut dilakukan, agar kelalaian yang dilakukan tersebut tidak terulang kembali. Sejauh ini, Indonesia pada umumnya dan Abdya pada khususnya masih dilanda wabah Covid-19, sehingga kewaspadaan dengan tetap mengikuti Prokes dengan melaksankan 3M yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak khususnya pada saat melaksanakan aktivitas di luar rumah sangatlah penting.

“Penerapan Prokes ini tidak memandang bulu, siapa saja wajib menerapkannya. Jika ada yang enggan menerapkan aturan itu, tentu akan kami ingatkan agar tidak diulang kembali. Tujuan menerapkan Prokes Covid-19 ini adalah untuk kebaikan bersama,” ujarnya didampingi Serda Zepti Satria usai memberikan teguran kepada masyarakat binaannya di Desa Kuta Tinggi Kecamatan Blangpidie.

Lebih lanjut dikatakan, pihaknya terus mengupayakan hal tersebut dengan cara turun langsung ke desa-desa, berkeliling menjupai warga serta memantau setiap perkembangan. Saat memberikan himbauan kepada masyarakat, masih juga ditemukan warga yang dengan sengaja tidak mengenakan masker. Kondisi tersebut tentu akan menjadi contoh buruk bagi warga lainnya. Sehingga upaya memberikan pemahaman dengan baik kepada masyarakat sangat dibutuhkan.

“Saat mendapatkan warga yang tidak patuh, kami langsung berhenti dan menegur serta menjelaskan kepada mereka betapa pentingnya untuk mengikuti Prokes Covid-19. Saya yakin masyarakat pasti faham dan mengerti betapa bahayanya virus Corona ini, dan mengikuti Prokes merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga diri dan keluarga serta membentengi diri dari penularan dan memutus mata rantai penyebaran virus tersebut,” pungkasnya.(ag)