Konsumsi Ganja, Oknum Keuchik Ditangkap Polisi

Konsumsi Ganja, Oknum Keuchik Ditangkap Polisi
Foto: analisisnews.com/agus DITANGKAP: MA oknum keuchik berada di ruang Satres Narkoba Mapolres Abdya usai ditangkap lantaran diketahui mengkonsumsi narkoba jenis ganja sekaligus kedapatan menyimpan satu bungkus daun ganja kering di rumahnya, Kamis (14/1).

BLANGPIDIE-Oknum Keuchik (kepala desa) berinisal MA (43) Desa Tokoh, Kecamatan Manggeng, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) ditangkap petugas Satuan Reserse Narkoba Polres setempat lantaran diketahui mengkonsumsi narkoba jenis ganja sekaligus kedapatan menyimpan satu bungkus daun ganja kering di rumahnya, Kamis (14/1/2021) sekira pukul 01.00 WIB tengah malam.

Kapolres Abdya AKBP Muhammad Nasution SIK melalui Kasat Narkoba Iptu Mahdian Siregar mengatakan, berdasarkan pengakuan MA, daun ganja yang ditemukan oleh personel dalam tong sampah rumahnya saat dilakukan penggeledahan itu merupakan miliknya yang sengaja disimpan agar tidak ada yang mengetahui.

Status sementara oknum kechik itu merupakan sebagai pemakai. Sejauh ini pihaknya tidak memandang berapa nilai barang buktinya, akan tetapi yang dilihat adalah pelanggaran dari kaca mata hukum tentang penyalahgunaan narkoba.

“Kepada personel, oknum keuchik ini telah mengakui bahwa daun ganja itu adalah miliknya,” ujarnya.

Saat proses penangkapan tersangka, MA tidak memberikan perlawanan sama sekali kepada personel. Dia ditangkap saat sedang duduk di halaman rumahnya. Saat ini tersangka masih dalam proses penyidikan lebih lanjut untuk segera dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Abdya. Terkait penangkapan oknum keuchik itu, pihaknya akan menggali kembali dari mana sumber barang haram itu didapat. Atas perbuatan memakai narkoba itu, kedua tersangka dijerat dengan pasal 111 ayat (1) sub pasal 114 ayat (1) sub pasal 127 ayat (1) dari Undang-Undang nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancama penjara paling lama 12 tahun dan denda maksimal Rp.8 miliar. (ag)