Diberlakukannya E-Kinerja di Abdya, ASN Diwajibkan Apel Pagi Tiap Hari

Diberlakukannya E-Kinerja di Abdya, ASN Diwajibkan Apel Pagi Tiap Hari
Foto: analisisnews.com/agus ARAHAN: Asisten Pemerintahan Setdakab Abdya, Amrizal, S.Sos, Senin (18/1/2021) memberikan arahan kepada ASN dalam apel padi yang berlangsung di halaman Kantor Bupati setempat.

BLANGPIDIE-Pasca diberlakukannya penerapan E-Kinerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), seluruh aparatur sipil negara (ASN) diwajibkan melaksanakan apel pagi setiap hari jam kerja terhitung sejak Senin-Kamis kecuali hari Jumat. Sebelumnya, apel rutin hanya dilaksanakan setiap hari Senin saja. Apel pagi rutin ini dilaksanakan sesuai dengan surat edaran Bupati Abdya Nomor 800/028/2021 kepada para Kepala SKPK di lingkungan Pemkab setempat.

Asisten Pemerintahan Setdakab Abdya, Amrizal, S.Sos, Senin (18/1/2021) mengatakan, pelaksanaan apel rutin ini dilaksanakan berkenaan dengan telah berlakunya sistem E-Kinerja di lingkup Pemkab Abdya yang diwajibkan kepada para ASN untuk mengikutinya dan apel rutin itu merupakan salah satu indikator dalam penilaian E-Kinerja ASN.

“Apel rutin yang diwajibkan ini sebagai salah satu indikator dalam penilaian E-Kinerja ASN,” ujarnya saat bertindak sebagai pembina apel di halaman Kantor Bupati setempat.

Dengan telah berlakunya sstem E-Kinerja tersebut, diharapkan dapat menambahkan semangat bekerja bagi para ASN dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya sesuai dengan tupoksi yang diberikan. Hal itu juga berhubungan dengan tunjangan kinerja bagi ASN yang akan diberikan oleh pemerintah daerah.

Penerapan e-kinerja di Pemkab Abdya merupakan salah satu upaya dalam menciptakan sistem pemerintahan yang e-goverment yang akuntabel. E-Kinerja ini juga merupakan rekomendasi dari KPK dalam rangka mewujudkan tatakelola pemerintahan yang bersih dan bebas dari korupsi. Ditambahkan, sebagai gambaran umum E-Kinerja merupakan salah satu aplikasi yang digunakan untuk menganalisis kebutuhan jabatan, beban kerja jabatan, beban kerja unit sebagai dasar perhitungan prestasi kerja serta pemberian insentif  kerja yang berpedoman pada analisa jabatan dan analisa beban kerja.

“Akan hal itu kami mengajak kepada para ASN dan tenaga kontrak untuk selalu menjaga disiplin dalam bekerja dan tentunya dengan penuh rasa tanggungjawab,” imbuhnya. (ag)