Pemkab Aceh Timur Latih Vaksinator

Pemkab Aceh Timur Latih Vaksinator
dr. Edi Gunawan

Aceh Timur. Untuk menyukseskan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Aceh Timur, Pemkab setempat mulai melatih vaksinator untuk pemberian vaksinasi bagi masyarapat pada Februari mendatang.

“Petugas Vaksinator untuk smua faskes yang akan melaksanakan kegiatan Vaksinasi Covid-19 baik yang ada di Puskesmas maupun Rumah Sakit sudah disiapkan dan sudah dilatih, serta sudah melakukan kegiatan simulasi,” ujar Direktur RSUD Zubir Mahmud, Aceh Timur, dr. Edi Gunawan MARS kepada wartawan, Senin (25/1).

Kata Edi, hari ini, Senin (25/1) semua Faskes yang akan melaksanakan vaksinator mengikuti sosialisasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 secara daring. Sosialisasi tersebut dilaksanakan oleh Pemerintah Aceh melalui Sekda Aceh, Kadis Kesehatan Aceh, dan tiga pemateri.

Tujuan dari pertemuan ini, sebut Edi Gunawan untuk meningkatkan pengetahuan tentang vaksinasi dan mengetahui Epidemiologi Covid-19 secara umum.

“Untuk RSUD Zubir Mahmud, awalnya dilatih dua orang. Pelatihan sudah dilaksanakan selama 1 bulan yang lalu. Kemudian ada tambahan 8 orang Vaksinator lain, dan baru saja selesai mengikuti pelatihan pada pekan yang lalu,” ujar dr. Edi Gunawan yang juga Juru Bicara Satgas Covid-19 Aceh Timur.
Sebelumnya, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zubir Mahmud itu mengatakan pemerintah akan melakukan vaksinani di Kabupaten tersebut pada Februari mendatang. Namun dirinya mengaku belum mengathu tanggal pasti pemberian imun tubuh dari Covid-19 bagi masyarakat Aceh Timur

“Tanggal pastinya untuk vaksinasi di Aceh Timur lagi diatur. Ada kebijakan sepuluh orang-orang yang dipilih pertama divaksinasi, seperri bupati, Kapolres, Kasatpol PP. Mungkin nanti bupati mengambil kebijakan lain, seperti kepala dinas yang pertama divaksinasi,” jelas Edi Gunawan. (bsr)