Satu Unit Ruko di Pasar Manggeng Terbakar

Satu Unit Ruko di Pasar Manggeng Terbakar
Foto: analisisnews.com/agus TERBAKAR: Satu unit ruko semi permanen yang dihuni Asrol (40) warga Desa Kedai, Kecamatan Manggeng, Abdya hangus terbakar Sabtu (30/1/2021) sekitar pukul 03.00 WIB.

BLANGPIDIE-Satu unit ruko semi permanen yang dihuni Asrol (40) warga Desa Kedai, Kecamatan Manggeng, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) hangus terbakar Sabtu (30/1/2021) sekitar pukul 03.00 WIB.

Informasi yang diterima wartawan dari sejumlah warga setempat diketahui kobaran api dengan cepat menghanguskan isi dalam bangunan yang terdapat mesin penggiling kopi dan bumbu masakan serta beberapa bahan dagangan lainnya di dalam ruko yang berlokasi di Pasar Manggeng. Kobaran api mulai diketahui oleh warga setempat pada saat terdengar suara seperti ada yang terbakar disertai bau hangus yang menyengat. Kemudian, warga yang tinggal tak jauh dari lokasi ruko tersebut bergegas menghubungi penghuni ruko yang kebetulan tidak menginap di ruko itu.

“Hanya dalam hitungan menit saja, api telah melalap semua isi bangunan hingga nyaris tak tersisa. Apalagi beberapa bahan dagangan di ruko itu mudah terbakar,” ujar Asra warga setempat.

Melihat asap tebal dari ruko itu, warga setempat langsung bergegas memberikan pertolongan untuk memadamkan api. Kemudian api juga mampu dilumpuhkan setelah armada pemadam kebakaran milik Badan Penanggulangan Bancana Kabupaten (BPBK) tiba di lokasi.

Sementara itu, Kepala BPBK Abdya Amiruddin secara terpisah mengatakan, selain menurunkan Damkar di Pos Manggeng, pihaknya juga menurunkan satu unit armada Damkar dari Pos Induk Blangpidie dan dalam hitungan sekitar 30 menit, api berhasil dilumpuhkan. Selain itu, ruko yang berdekatan hanya terkena rembesan api saja tapi tidak menghanguskan isi di dalamnya.

“Senin akan disalurkan bantuan masa panik kepada penghuni ruko di Pasar Manggeng tersebut,” katanya.

Pihaknya menduga kalau penyebab kebakaran itu akibat hubungan arus pendek listrik. Untuk itu, dia mengingatkan kepada warga agar tidak meninggalkan rumah dalam kondisi colokan listrik masih tersambung karena bisa saja menciptakan kebakaran. Akibat insiden kebakaran itu, kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah, apalagi atap bangunan juga ikut hangus dilalap api. (ag)