Mopen Kontra Sepmor, Dua Mahasiswi Luka-luka

Mopen Kontra Sepmor, Dua Mahasiswi Luka-luka
Foto: analisisnews.com/agus DIAMANKAN: Personel Satlantas Polres Abdya mengamankan mobil jenis Toyota Avanza yang kontra dengan sepmor jenis Honda Scoopy di jalan lintas nasional kasawasan Desa Paoh Kecamatan Susoh, Abdya, Kamis (4/2/2021).

BLANGPIDIE-Mobil penumpang (Mopen) jenis Toyota Avanza kontra sepeda motor (Sepmor) di jalan lintas nasional kasawasan Desa Paoh Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Kamis (4/2/2021) mengakibatkan dua mahasiswi luka-luka.

Kapolres Abdya, AKBP Muhammad Nasution SIK melalui Kasatlantas, Ipda Ipda Muh. Berny mengatakan, kronologis kejadian kecelakaan lalulintas itu bermula saat mobil jenis Toyota Avanza dengan nomor polisi BL 1877 BH yang di kemudikan A’bid Cut Radli (19) warga Durian Jangek, Kecamatan Susoh melaju dari arah jalan pedesaan hendak menyeberang jalan menuju arah Blangpidie.

Sesampainya di tempat kejadian perkara (TKP) melaju satu unit Sepmor jenis Honda Scoopy dengan nomor polisi BL 6621 TM yang dikendarai Melia Ulfa (22) warga Desa Bakau Hulu, Kecamatan Labuhan Haji Tengah dan ditumpangi Selvika Badria (22) warga Desa Padang Peulumat, Kecamatan Labuhanhaji Timur melaju dari arah Blangpidie menuju arah Ujung Padang.

Diduga pengemudi mobil  pada saat menyeberang jalan tidak memperhatikan kendaraan lain yang melaju dari arah berlawanan serta diduga lalai saat mengemudi, sehingga membuat kendaraan yang dikendarainya hilang kendali.

“Saat menyeberang jalan, mobil yang disopiri A’bid hilang kendali dan seketika menghantam Sepmor yang dikendarai oleh warga yang berstatus mahasiswi ini,” ujarnya didampingi Kanit Laka Bripka Rahmad Nasution.

Akibat dari kecelakaan tersebut pengendara Sepmor Melia Ulfa mengalami luka lecet dan patah pada bagian pergelangan kaki sebelah kanan. Sementara penumpang Sepmor hanya mengalami luka lecet pada bagian tangan dan kepala. Pasca kejadian yang sempat terekam kamera CCTV warga itu, para korban langsung di larikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis.

Warga setempat sempat terkejut dengan suara dentuman keras kendaraan yang bertabrakan. Tidak hanya menabrak Sepmor, mobil tersebut juga menghantam satu unit kios kelontong yang berada tepat di TKP. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, personel Satlantas Polres Abdya langsung mengamankan pengemudi mobil, berikut mobil serta Sepmor sebagai barang bukti.

“Barang buktinya telah diamankan di Mapolres dan nantinya kasus ini akan diproses sesuai dengan fakta di lapangan serta juga didukung dengan bukti rekaman CCTV di TKP,” paparnya.

Dihimbau

Terakit kejadian tersebut, pihaknya menghimbau seluruh pengguna jalan agar lebih berhati-hati saat berkendara. Terutama disiplin dan tertib dalam berlalulintas dengan mematuhi rambu-rambu yang ada. Sejauh ini, kecelakaan lalulintas terjadi di jalan raya umumnya diakibatkan karena kelalaian saat berkendara seperti menggunakan telepon genggam saat berkendara, pengendara di bawah umur, tidak menggunakan helm, tidak menggunakan sabuk pengaman bagi pengemudi mobil, melawan arus termasuk melanggar rambu-rambu lalulintas serta berkendara melebihi batas kecepatan tinggi serta berkendara dalam kondisi mabuk.

Sejumlah pelanggaran inilah yang terus diupayakan penanganannya, baik berupa sosialisasi ataupun menindak langsung pengendara. Kecenderunganya, pengendara baru akan tertib apabila ada petugas, jika tidak ada maka masih banyak pengguna jalan yang melanggar aturan. Pola pikir seperti ini yang sedikit demi sedikit terus dirubah, menjadi pengendara yang sadar akan ketertiban, serta menjadi pelopor keselamatan berlalulintas.

“Tingkat kesadaran masyarakat dalam menjalankan tertib berlalulintas masih sangat rendah. Sehingga perlu upaya optimal dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat pengguna jalan, agar tingkat pelanggaran semakin berkurang. Yang perlu menjadi perhatian serius yaitu tentang pelangaran lalulintas yang berpotensi menyebabkan kemacetan dan kecelakaan berkendara terutama yang mengakibatkan korban jiwa dan kerugian materil,” imbuhnya (ag)