Lokmin Lintas Sektor Tingkatkan Layanan Kesehatan Masyarakat

Lokmin Lintas Sektor Tingkatkan Layanan Kesehatan Masyarakat
Foto: analisisnews.com/agus LOKMIN: Puskesmas Lhang, Kecamatan Setia Abdya menggelar Lokmin lintas sektor perdana di Abdya yang berlangsung di aula Puskesmas setempat, Senin (9/2/2021).

BLANGPIDIE-Kepala Puskesmas Lhang Kecamatan Setia Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), dr. Hessi Arfina, Selasa (9/2/2021) mengatakan, lokakarya mini (Lokmin) lintas sektor bertujuan untuk meningkatkan derajat dan pelayanan kesehatan masyarakat.  Lokmin lintas sektor juga dalam rangka mengevaluasi kinerja pelayanan kesehatan terhadap masyarakat di wilayah setempat. Hal tersebut disampaikannya dalam kegiatan Lokmin perdana di Puskesmas Lhang yang dihadiri Sekretaris Dinas Kesehatan Abdya, Muktaruddin, Camat Setia Raipin serta sejumlah unsur terkait lainnya.

Menurutnya, Lokmin lintas sektor Puskesmas adalah salah satu ruang membangun komitmen, menyatukan misi ditingkatan pemangku kepentingan, camat sebagai pemerintah kecamatan, kepala desa sebagai representasi masyarakat desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan Puskesmas sebagai instasi kesehatan untuk sama-sama bersinergi meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Dengan adanya Lokmin tersebut, menjadi langkah strategis bagi Puskesmas untuk menentukan arah kebijakan kesehatan masyarakat yang lebih baik kedepannya.  Hasilnya diharapkan ada peningkatan derajat kesehatan masyarakat, secara khusus di Kecamatan Setia.

“Kehadiran unsur Muspika Setia serta para kepala desa agar dapat kita evaluasi bersama tentang pelayan kesehatan. Dengan adanya kerjasama lintas sektoral ini, penanganan masalah kesehatan akan mudah ditangani hingga ke tingkat desa. Terutama tentang peningkatan kinerja kader kesehatan melalui pihak desa yang juga ikut melakukan pemantauan,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Abdya, Muktaruddin mengatakan, Lokmin lintas sektoral yang diselenggarakan Puskesmas Lhang patut diapresiasi. Sebab Lokmin tersebut merupakan yang pertama di Abdya pada triwulan ini.

Kegiatan Lokmin merupakan suatu pertemuan antar petugas Puskesmas dengan sektor terkait untuk meningkatkan kerjasama tim, memantau cakupan pelayanan Puskesmas serta membina peran serta masyarakat secara terpadu agar dapat meningkatkan fungsi Puskesmas itu sendiri. Dengan lokakarya lintas sektor ini diharapkan mendapat dukungan dan masukan dari lintas sektoral dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan yangg lebih baik kepada masyarakat.

“Tujuan lokakarya tersebut adalah tergalangnya kerjasama lintas sektoral dalam rangka pembinaan dan pengembangan peran serta masyarakat secara terpadu. Untuk mendapatkan dukungan dan masukan dari lintas sektoral dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik kepada masyarakat,” jelasnya.

Dia juga menghimbau kepada masyarakat untuk jangan ragu memberikan informasi kepada petugas terkait sebagai bahan masukan untuk kemajuan dan kepercayaan masyarakat dalam pelayanan di bidang kesehatan. Untuk itu perlu dijelaskan manfaat bersama dari upaya pembinaan peran serta masyarakat dalam bidang kesehatan bagi sektor-sektor yang bersangkutan.

Amatan wartawan, dalam kegiatan Lokmin tersebut Kepala Puskesmas Lhang, dr. Hessi Arfina juga memaparkan capaian pelayanan kesehatan sepanjang tahun 2020, seperti program kerja, gambaran awal vaksin, reakreditasi Puskesmas Lhang, komitmen bersama serta sejumlah capaian lainnya. (ag)