Wakil Bupati dan Sejumlah Pejabat Abdya Divaksin

Wakil Bupati dan Sejumlah Pejabat Abdya Divaksin
Foto: analisisnews.com/agus DIVAKSIN: Wakil Bupati Abdya, Muslizar MT usai mendapatkan jatah vaksin pertama yang berlangsung di Rumah Sakit Umum Tengku Peukan (RSUTP) daerah setempat, Rabu (10/2/2021).

BLANGPIDIE-Sejumlah pejabat dalam lingkungan Pemerintahan Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Rabu (10/2/2021) mendapatkan vaksinasi Covid-19 yang berlangsung di Rumah Sakit Umum Tengku Peukan. Dalam daftar penerima vaksin untuk kalangan pejabat tercantum nama Bupati Abdya, Wakil Bupati, Sekda termasuk Kapolres dan Dandim setempat juga sejumlah kepala satuan perangkat kabupaten (SKPK) menjalani vaksinasi Covid-19. Selain itu, direktur dan beberapa dokter di rumah sakit setempat juga ikut divaksin sekaligus pencanangan vaksinasi Covid-19 yang selanjutnya akan diikuti seluruh tenaga kesehatan di Abdya pada tahap pertama.

Amatan wartawan, dalam pelaksanaan penyuntikan vaksin itu, Bupati Abdya Akmal Ibrahim merupakan penerima vaksin pertama, namun yang bersangkutan berhalangan hadir lantaran sedang melakukan dinas luar daerah. Staf Khusus Bupati yang juga masuk sebagai penerima vaksin juga tidak berhadir dikarenakan ikut mendampingi bupati. Selain itu, Wakil Ketua DPRK Abdya, Syarifuddin yang seharusnya ikut mendapatkan vaksin juga tidak berhadir disebabkan ada kegiatan lain.

Wakil  Bupati Abdya, Muslizar MT usai mendapatkan jatah vaksin pertama mengatakan, vaksin tersebut tidak bermasalah dan aman jika digunakan. Apalagi vaksin ini sudah di halalkan oleh MUI termasuk sudah ada izinnya.

“Saya sehat-sehat saja setelah di vaksin, ini membuktikan bahwa vaksin ini aman,” ujarnya.

Dia mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersedia divaksin agar mata rantai penyebaran Covid-19 ini terputus.  Hingga saat ini Abdya tidak memiliki  kasus Covid-19, tapi bisa menjadi zona orange. Ternyata setelah diteliti ke Dinas Kesehatan Aceh ternyata warga Abdya kurang mematuhi protokol kesehatan. Tapi dengan vaksinasi ini, semoga status Abdya akan menjadi zona hijau.

Wakil Bupati Muslizar MT disuntik vaksin oleh Hendri Saputra Amd Kep selaku petugas vaksin dilanjut dengan Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Arip Subagiyo, seterusnya Kapolres Abdya AKBP Muhammad Nasution SIK, Sekda Abdya Drs Thamrin dilanjut dengan sejumlah Kepala SKPK Abdya. Dalam proses vaksinasi tersebut ada juga beberapa pejabat yang gagal disuntik lantaran tekanan darah tidak stabil. Namun setelah istirahat, beberapa pejabat tersebut akhirnya kembali menjalani vaksin.

Kepala Dinas Kesehatan Abdya, Safliati SST MKes mengatakan, Bupati dan beberapa pejabat lain yang tercatat sebagai penerima vaksin namun belum bisa berhadir tetap akan divaksin pada kesempatan lain. Untuk tahap pertama ini, seribuan tenaga kesehatan mulai dari Dinas Kesehatan, rumah sakit, Puskesmas termasuk Klinik, Polres Abdya juga akan divaksin.

Pencanangan vaksin ini dilakukan setelah mendapat izin penggunaan darurat emergency use authorization (EUA) dari Badan POM yang dikeluarkan pada tanggal 11 Januari 2021 serta telah memiliki fatwa MUI nomor 2 tahun 2021 tentang produk vaksin sinovac suci dan halal.

“Untuk kebaikan bersama, jadi tidak perlu takut divaksin. Buktinya hari ini yang divaksin semua sehat-sehat dan bugar tanpa ada gejala apapun bahkan rasa sakit setelah disuntik juga berlangsung hilang dalam sekejap,” imbuhnya (ag)