RKPK dan Musrenbang Abdya 2021 Resmi Dibuka

RKPK dan Musrenbang Abdya 2021 Resmi Dibuka
Foto: analisisnews.com/agus LAPORAN: Kepala Bappeda Abdya, Firmansyah menyampaikan laporan pelaksanaan Musrenbang dan penyusunan RKPK 2022 di aula Bappeda setempat, Kamis (11/2/2021)

BLANGPIDIE-Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), Akmal Ibrahim, Kamis (11/2/2021) secara resmi membuka agenda pelaksanan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) yang dimulai dari sembilan kecamatan dalam kabupaten setempat. Dalam kesempatan tersebut, Bupati Akmal juga membuka forum konsultasi publik dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Kabupaten (RKPK) Abdya pada tahun 2022 mendatang, di aula kantor Bappeda.

Kepala Bappeda Abdya, Firmansyah ST mengatakan, pelaksanaan forum konsultasi publik rancangan awal RKPK dimaksudkan untuk memenuhi tahapan dalam penyusunan RKPK Abdya tahun 2022 sesuai dengan ketentuan Permendagri tahun 2017. Jadi, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendapatkan masukan dan saran penyempurnaan dalam penyusunan dokumen rancangan awal RKPK Abdya tahun 2022.

Adapun hasil yang akan dicapai diantaranya tersedianya bahan masukan yang dibahas bersama sejumlah kepala SKPK dan pemangku kepentingan guna penyempurnaan rancangan awal RKPK Abdya pada tahun 2022 nanti. Kemudian, terpenuhi tahapan dalam penyusunan RKPK sebagaimana yang diamanatkan Permendagri nomor 86 tahun 2017.

“Tema RKPK Abdya tahun 2022 adalah meningkatkan pertumbuhan ekonomi dalam rangka peningkatan PAD dan pengentasan kemiskinan, dengan enam prioritas pembangunan,” sebutnya.

Disebutkan, enam prioritas pembangunan tersebut, yakni peningkatan PAD dan Zakat Infaq dan Sadaqah (ZIS), pengembangan akses dan jaringan pasar, peningkatan kualitas infrastruktur publik dan pelayanan dasar, peningkatan mutu pendidikan dan layanan kesehatan, peningkatan implementasi syariat Islam, dan peningkatan indeks reformasi birokrasi daerah.

“Agenda hari ini juga termasuk pembukaan Musrenbang tahun 2021 yang direncanakan mulai tanggal 16 -18 Februari 2021 dimasing-masing kecamatan,” pungkasnya.

Tahap pertama, pelaksanaan Musrenbang akan berlangsung di Kecamatan Tangan-Tangan, Jeumpa dan Babahrot. Kemudian di Kecamatan Lembah Sabil, Manggeng, dan Susoh. Berikutnya di Kecamatan Kuala Batee, Blangpidie dan Setia. (ag)