Tiga Sekolah di Abdya Raih Penghargaan Gugus Depan Tergiat

Tiga Sekolah di Abdya Raih Penghargaan Gugus Depan Tergiat
Foto: analisisnews.com/agus PENGHARGAAN: Wakil Bupati Abdya, Muslizar MT yang juga Kakwarcab Pramuka menyerahkan penghargaan kepada sekolah peraih gugus depan tergiat tahun 2020 di SMP Jabal Nur Jadid, Manggeng, Kamis (11/2/2021).

BLANGPIDIE-Tiga sekolah tingkat SMP sederajat di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Kamis (11/2/2021) meraih perhargaan terfavorit setelah lulus seleksi Gugus Depan Tergiat Tingkat Penggalang tahun 2020 yang dilaksanakan pengurus Gerakan Pramuka Kwartir Cabang setempat beberapa bulan lalu. Ketiga sekolah peraih gugus tergiat itu diantaranya SMP Jabal Nur Jadid sebagai peringkat pertama, SMP Negeri 1 Kuala Batee peringkat kedua dan MTs Negeri 1 Abdya pada peringkat tiga.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung kepada siswa perwakilan setiap sekolah oleh Wakil Bupati Abdya, Muslizar MT yang juga Kakwarcab Pramuka Abdya didampingi Ketua Harian Kwarcab, Drs Husaini Rahman dan Sekretaris Kwarcab, Usmadi SPd beserta pengurus lainnya di SMP Jabal Nur Jadid, Kecamatan Manggeng

Wakil Bupati dalam kesempatan itu mengatakan, kegiatan ini dilakukan dalam rangka evaluasi pelaksanaan program dan pembinaan serta perencanaan terhadap gugus depan yang ada dalam kabupaten setempat.

“Beberapa bulan lalu telah dilaksanakan seleksi gugus depan tergiat tingkat penggalang Kwarcab Pramuka Abdya pada tahun 2020. Kami berharap seluruh gugus depan untuk dapat berpacu meningkatkan kualitas peserta didik baik keanggotaan, pelatihan meupun peningkatan sarana dan prasarananya,” terangnya.

Para kepala sekolah diharapkan terus membangun sinergitas dengan kwartir ranting dan kwarcab terutama dengan para pembina dan orang tua peserta didik. Dari pelaksanaan seleksi yang lalu telah terpilih beberapa sekolah yang dianggap gugus depan tergiat. Dalam seleksi itu ada beberapa kriteria yang dinilai.

Seperti kepala sekolah dan komite harus berperan dalam membina kepramukaan. Pembina dan guru juga harus mampu memajukan Pramuka di sekolah termasuk administrasinya. Keaktifan dan kreatifitas peserta didik penggalang termasuk administrasi regu dalam gugus depan harus diperhatikan. Terakhir, dukungan sarana dan prasarana sekolah terhadap kemajuan pramuka di gugus depan termasuk adanya sekretariat khusus dan kedai pramuka.

Ditambahkan, kepada gugus depan yang terpilih jangan cepat berpuas diri. Akan tetapi terus berpacu, berkreasi dan berinovasi dalam meningkatkan kemajuan pramuka di gugus depannya masing-masing. Galang terus persaudaraan dan persahabatan diantara sesama gerakan Pramuka. Jadikan momentum ini sebagai modal terciptanya kemajuan yang berkesinambungan.

“Mari kita jaga demi meningkatkan kualitas Pramuka di Abdya hingga lebih baik lagi,” imbuhnya.

Sementara itu Pembina Gugus Depan SMP Jabal Nur Jadid Ustad Rahman membagikan kiat bagaimana gugus depan yang  dibinanya bisa meraih peringkat terbaik pertama di Abdya. Salah satunya dalam sepekan sekali, pihaknya selalu melakukan latihan rutin kepramukaan dengan menggali potensi peserta didik sesuai dengan bidangnya masing-masing. Dengan seperti itu, maka peserta didik akan senang dan tertarik mengikuti aktifitas kepramukaan. (ag)