Antisipasi Karhutla Personel Kodim Abdya Basmi Titik Asap

Antisipasi Karhutla Personel Kodim Abdya Basmi Titik Asap
Foto : analisisnews.com/agus TITIK ASAP: Personel Kodim 0110/Abdya, dibantu personel Polres Abdya, membersihkan titik asap bekas pembakaran lahan di kawasan perkebunan sawit warga Desa Rukun Damee, Kecamatan Babahrot, Kamis (11/2/2021).

BLANGPIDIE-Personel Koramil 07/Babahrot jajaran Kodim 0110/Aceh Barat Daya (Abdya), Kamis (11/2/2021), melakukan upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di kawasan perkebunan sawit milik warga di Desa Rukun Damai Kecamatan Babahrot kabupaten setempat. Tindakan personel TNI tersebut juga dibantu personel Polres Abdya termasuk unsur masyarakat setempat.

Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Arip Subagiyo, melalui Danramil 07/Babahrot Kapten Inf Mohd Arifin mengatakan, berawal dari pihaknya mendapatkan laporan dari masyarakat setempat terkait adanya titik asap tebal di kawasan perkebunan sawit milik warga. Khawatir asap tersebut berasal dari pembakaran lahan, warga yang tidak disebutkan identitasnya itu bergegas melaporkan masalah itu ke Koramil dan Polsek. Usai menerima laporan itu, pihaknya langsung menuju ke lokasi guna memastikan kondisi di lapangan, meskipun setelah dicek menunjukan nihil titip api.

Saat tiba di lokasi, tim menemukan bekas pembakaran ban, diduga sengaja dilakukan untuk membakar lahan. Rambatan dan sumber api bekas pembakaran ban bekas itu, langsung dipadamkan personil Kodim dan Polres, dengan cara manual memanfaatkan air parit. Akan pihaknya mengingatkan para warga termasuk pemilik kebun untuk tidak melakukan pembakaran lahan ataupun sejenisnya, sebab hal itu akan memicu terjadinya Karhutla terlebih dengan cuaca panasa dalam beberapa terakhir. Tentu akan membuat segala jenis rumput dan tanaman mudah terbakar.

“Saat ini lokasi itu masih dalam pantauan kami. Untuk menghindari kejadian yang sama, di lokasi dan juga beberapa titik lainnya, kami telah memasang spanduk larangan pembakaran hutan dan lahan,” tuturnya. (ag)