Bupati Abdya Rotasi Sejumlah Pejabat Eselon II dan III

Bupati Abdya Rotasi Sejumlah Pejabat Eselon II dan III
Foto: analisisnews.com/agus UCAPAN SELAMAT: Bupati Abdya Akmal Ibrahim memberi ucapan selamat kepada sejumlah pejabat eselon II dan III yang baru dilantik di lobi Kantor Bupati setempat, Senin (22/2/2021)

BLANGPIDIE-Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), Akmal Ibrahim, Senin (22/2/2021) melakukan perubahan posisi jabatan eselon II dan III di lingkungan pemerintahan kabupaten setempat. Rotasi jabatan yang ditandai dengan pelantikan sekaligus pengambilan sumpah sejumlah pejabat baru itu berlangsung di lobi kantor bupati setempat. Sejumlah pejabat yang dilantik, rata-rata meninggalkan jabatan sebagai Kepala Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) hingga posisi jabatan tersebut harus ditunjuk pelaksana tugas (Plt) untuk mengisi kekosongan.

Sejumlah pejabat yang dilantik diantaranya, Ir Much Tavip MM dilantik menjadi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Abdya dan jabatan sebelumnya sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) kosong. Begitu juga dengan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (DPMPTSP Nakertrans) kosong pasca Ir Muslim MSi dilantik menjadi Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan dan Pertanian pada Setdakab Abdya menggantikan Drs Jasliman yang telah dilantik menjadi Sekretaris DPMP4 Abdya. Sementara Sekretaris DPMP4 lama Zulkarnain menjadi staf biasa.

Kekosongan kepala kantor  juga dialami Badan Penanggulangan Bancana Kabupaten (BPBK) setempat. Dimana Kepala BPBK Abdya Amiruddin dalam kesempatan itu dilantik menjadi Sekretaris DPRK (Sekwan) Abdya menggantikan Salman SH yang telah dilantik menjadi Inspektur pada Inspektorat Abdya. Sementara Inspektur sebelumnya Drs H Said Jailani telah dilantik menjadi Asisten Administrasi Umum Setdakab Abdya.

Disamping itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pengendalian Penduduk dan Pemberdayaan Perempuan (DPMP4) juga kosong, pasca Musawir SSos dilantik menjadi Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggantikan Jufri SAg MM yang resmi dilantik menjadi Sekretaris Satpol PP dan WH Abdya. Sedangkan Yusli Amraina SH yang sebelumnya menjabat Sekretaris Satpol PP dan WH, kini dilantik menjadi Sekretaris Kesbangpol.

Bupati Abdya Akmal Ibrahim mengatakan, selama ini pejabat di Abdya sudah bekerja dengan baik sehingga perubahan dalam pembangunan mulai nampak terasa dan tertata. Untuk itu, dia berharap pertahankan dan tingkat prestasi serta keberhasilan yang telah dicapai. Pejabat yang baru dilantik dapat menjalankan amanah ini dengan sungguh-sungguh agar Abdya semakin maju ke depannya.

Pembenahan kelembagaan telah dilakukan dibarengi dengan penguatan sistem pemerintahan yang baik, bersih, transparan dan akuntabel. Tentu hal itu membutuhkan personel yang handal, yang mampu menjalankan tugas pokok dan fungsinya dengan baik. Akan hal itu pengambilan sumpah dan janji jabatan dimaksud memegang peranan penting sebagai suatu momentum baru, khususnya bagi yang baru dilantik menyadari sepenuhnya tanggungjawab serta amanah yang baru diemban.

Informasi yang diterima wartawan, pasca pergeseran posisi pejabat yang membuat kekosongan kepala SKPK seperti Dinas PUPR, DPMP4,  DPMPTSP Nakertrans, BPBK dan Satpol PP & WH, sejumlah dinas lainnya seperti Dinas Sosial, Dinas Syariat Islam, Dinas Kelautan dan Perikanan, Perkim LH serta Diskop UKM Perindag juga kosong pejabat eselon II yang menahkodai sebuah instasi dan untuk mengisi kekosongan itu Bupati Abdya menunjuk pelaksana tugas (Plt) untuk memimpin SKPK dimaksud.(ag)