Bupati Abdya Tunjuk Lima Pejabat Jadi Plt

Masa Pandemi, Pemkab Abdya Tiadakan Pasar Daging Meugang
Bupati Abdya, Akmal Ibrahim SH

BLANGPIDIE-Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), Akmal Ibrahim SH secara resmi menunjuk lima pejabat untuk menjadi pelaksana tugas (Plt) kepala dinas dan badan yang kosong pascadilakukannya rotasi posisi sejumlah pejabat pada Senin (21/2/2021) kemarin yang membuat satuan kerja perangkat kabupaten (SKPK) tersebut kosong pimpinan.

Informasi yang diterima wartawan, Selasa (23/2/2021) sejumlah SKPK yang akan diisi oleh lima pejabat sebagai Plt kepala dinas dan badan tersebut diantaranya, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK), Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (DPMPTSP dan Nakertrans), dan Plt kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pengendalian Penduduk dan Pemberdayaan Perempuan (DPMP4). Termasuk Satpol PP dan WH Abdya yang sempat kosong pasca kepala satuan (Kasat) sebelumnya Riad SE tutup usia dalam musibah kecelakaan.

Kepala Badan Kepegawaian, Pelatihan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), drh. Hj Cut Hasnah Nur membenarkan penunjukan sejumlah pejabat sebagai Plt dimaksud. Bahkan surat keputusannya telah disampaikan langsung kepada pejabat yang bersangkutan. Disebutkan, untuk jabatan Plt Kepala Dinas PUPR, Bupati Akmal Ibrahim menunjuk Alfian Liswandar ST yang saat ini menjabat Kabag Pengadaan Barang dan Jasa Setdakab Abdya. Selanjutnya, Plt BPBK Abdya, dijabat oleh Hafiddin ST yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Bappeda. Plt DPMP4 Abdya, dijabat oleh Nur Afni Muliana SPd, yang saat ini menjabat sebagai Kabag Kesra Setdakab Abdya, dan Plt DPMPTSP dan Nakertrans dijabat oleh Rahmad Sumedi SE yang saat ini menjabat sekretaris BPKPSDM. Terakhir Satpol PP dan WH dijabat oleh Amrizal SSos.

Menurutnya, semua Plt ini adalah generasi muda yang masih energik. Semoga kehadiran mereka sebagai Plt mampu mengemban amanah itu hingga terpilihnya pejabat definitif. Dengan penunjukan Plt ini, maka selanjutnya BKPSDM Abdya akan meminta KASN untuk melakukan lelang jabatan pejabat eselon II tersebut. Lelang jabatan itu, akan dilakukan untuk 11 jabatan eselon II yang saat ini masih kosong dan dijabat Plt. Kekosongan itu disebabkan adanya rotasi dan ada pejabat yang meningggal dunia.

Sebelas jabatan itu masing-masing, Kepala DPUPR, Kepala DPMP4, Kepala DPMPTSP Nakertrans, Kepala BPBK, Kepala Satpol PP dan WH, Kepala Dinas Sosial, kepala Dinas Syariat Islam, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Kepala Dinas Perkim dan LH, Kepala Dinas Pertanahan dan Kepala Diskop UKM Perindag.(ag)