Peran Babinsa Dalam Menyukseskan Swasembada Pangan

Peran Babinsa Dalam Menyukseskan Swasembada Pangan
Foto: analisisnews.com/agus PENDAMPINGAN: Personel Posramil 09/Lembah Sambil Kodim 0110/Abdya, Rabu (24/2/2021) melakukan pendampingan bagi para petani guna menyukseskan program swasembada pangan.

BLANGPIDIE-Peran Babinsa di jajaran Kodim 0110/Aceh Barat Daya (Abdya) dalam upaya menyukseskan swasembada pangan terus dilakukan. Bahkan di tengah pandemi Covid-19 yang sedang melanda, upaya pendampingan terhadap para petani tetap dilaksanakan.

Serda Jimi Hermanto personel Posramil 09/Lembah Sambil Kodim 0110/Abdya, Rabu (24/2/2021) mengatakan, pendampingan terhadap para petani memang sengaja dilakukan sebagai upaya swasembada pangan, terlebih saat ini wilayah Abdya mulai memasuki masa panen padi.

“Kami selaku Babinsa akan terus melaksanakan pendampingan kepada para petani di desa binaan. Hal ini merupakan bagian dari tugas dan tanggung jawab seorang Babinsa untuk membantu masyarakat mewujudkan program pemerintah dalam swasembada pangan,” ujarnya.

Program pemerintah dalam membangun ketahanan pangan merupakan program yang harus didukung oleh semua pihak karena kedepannya pangan akan menjadi satu perhatian bersama. Keterlibatan TNI dalam usaha ikut meningkatkan produksi pangan terutama tanam padi dan juga ikut mengamankan pendistribusian pupuk kedepan bisa dikembangkan untuk ketahanan pangan dalam arti luas, apalagi dengan didukung oleh teknologi pertanian juga ada sehingga memungkinkan pangan menjadi yang pasti.

Di lapangan, kehadiran Babinsa dalam program pangan akan menjadi motivator dan pendorong bagi petani dan kelompok tani. Lebih dari itu, kehadiran Babinsa juga menjadi pemicu serta pemacu bagi para penyuluh dan petugas pertanian di lapangan. Bahwa kehadiran Babinsa bukan untuk mengambil alih tugas penyuluh, tetapi lebih ke arah sinergi langkah dan gerak dengan fungsi dan perannya masing-masing guna mendinamisasi pembangunan pertanian di pedesaan.

Ditambahkan, pada peran seperti itu Babinsa memang menjadi motivator, fasilitator, dinamisator dan bahkan ada yang mampu menjadi innovator bagi kelompok tani di lapangan. Apapun sebutannya, Babinsa akan selalu melakukan pendampingan dengan tujuan akhir tercapainya program swasembada pangan. sejauh ini peran Babinsa sudah mulai dilakukan secara bertahap dan mulai meluas baik dalam cakupan wilayah binaannya maupun kualitas pendampingan di semua wilayah dalam Kabupaten Abdya.

“Besar harapan kedepan, hadirnya Babinsa menjadi pendaping petani bisa memotivasi para petani muda yang mungkin bagi generasi muda kita di Abdya pekerjaan menjadi petani masih belum menjadi pekerjaan yang menarik, bahkan sangat sedikit petani yang berusia relatif muda,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Sampurna Karya, Abdul Somad menyampaikan bahwa petani sangat senang dengan adanya pendampingan para Babinsa yang selalu hadir langsung di lapangan untuk membantu para petani, memberikan penyuluhan serta bimbingan kepada para petani.

“Banyak ilmu dan pengalaman yang didapat dari upaya pendampingan ini. Semoga kedepannya upaya babinsa ini terus berlanjut dan sangat membantu petani,” pungkasnya.(ag)