Personel TNI Diwajibkan Jaga Kebugaran Tubuh

Personel TNI Diwajibkan Jaga Kebugaran Tubuh
Foto: analisisnews.com/agus SENAM KEBUGARAN: Personel Kodim 0110/Abdya secara rutin melaksanakan senam kebugaran jasmani di Lapangan Pandu Sakti Kompleks asrama kodim, Jumat (26/2/2021).

BLANGPIDIE-Personel TNI di jajaran Kodim 0110/Aceh Barat Daya (Abdya) diwajibkan menjaga kebugaran tubuh, terlebih saat ini pandemi Covid-19 masih melanda. Dandim 0110/Abdya, Letkol Inf Arip Subagiyo melalui Pasi Intel Kapten Inf Fajar Setiawan, Jumat (26/2/2021) mengatakan, salah satu cara untuk menjaga imunitas tubuh yakni dengan giat berolah raga seperti senam kebugaran jasmani dan olah raga lainnya.

Menurutnya, hal tersebut sangat penting untuk dilakukan oleh seluruh personel, mengingat kesiapan tugas personel yang menuntut kondisi fisik personel untuk selalu bugar dalam segala kondisi. Kegiatan senam kebugaran jasmani dan olah raga lainnya rutin dilakukan dan diikuti oleh setiap personel. Apalagi pada situasi pandemi saat ini imunitas atau daya tahan tubuh sangat diperlukan agar badan tetap bugar. Dengan daya tahan tubuh yang kuat, tentu penyakit maupun virus tidak akan mudah menyerang tubuh. Jadi setiap prajurit wajib menjaga kondisi kesehatannya dan yang paling penting juga faktor makanan, pola makanan harus dijaga serta istirahat yang cukup. Sebab di dalam tubuh yang sehat akan terdapat jiwa dan mental yang kuat.

“Ini merupakan salah satu syarat utama sebagai seorang prajurit dalam bertugas yakni memiliki badan yang sehat, guna mendukung tercapainya tugas pokok TNI yaitu menjaga kedaulatan NKRI dan seluruh program kerja satuan sehingga dapat terwujud. Karenanya olah raga ini diharuskan paling tidak selama 30 menit dalam sehari,” ujarnya.

Ditambahkan, sangat banyak manfaat dari senam tersebut diantaranya senam dapat menguatkan jaringan otot. Sama seperti jenis olah raga lainnya, melakukan senam secara rutin dapat membuat otot-otot jadi lebih lentur dan kuat. Otot yang lentur dan kuat akan meningkatkan jangkauan gerak tubuh, mencegah tubuh mengalami kaku dan cedera saat melakukan aktivitas berat.

Kesehatan menjadi sesuatu yang sangat berharga saat ini. Sebab ketika pandemi Covid-19 melanda hampir seluruh dunia, semua orang bisa terjangkit virus mematikan tersebut. Karena itu menurut para ahli, satu-satunya yang bisa dilakukan saat ini adalah menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan. Salah satu upaya untuk menjaga kesehatan adalah dengan berolahraga seperti senam dimaksud.

“Senam di luar ruangan bisa menjadi salah satu alternatif, selama tidak berkerumun. Apalagi menurut para ahli virus corona tidak tahan dengan sinar matahari. Selain itu, senam di luar ruangan juga bisa menghilangkan suntuk dan dapat memberikan asupan vitamin D dari sinar matahari. Selain senam, personel juga giat melakukan jalan santai keliling asrama, push up serta sejumlah olah raga sesuai dengan kecabangan,” pungkasnya. (ag)